Mudahkan Transaksi Jual Beli PPJ Luncurkan Sistem Pembayaran Digital

0 38

Heibogor.com – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor berencana meluncurkan sistem pembayaran secara digital Untuk lebih memudahkan proses transaksi jual beli.

Kepala Bagian (Kabag) Humas PPJ Kota Bogor, Sri Karyatno menyebut sementara ini sistem tersebut masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat maupun pedagang yang berada di bawah naungan PPJ.

Pria yang kerap disapa Marino itu menuturkan, ketentuan sistem tersebut merupakan arahan dari kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) melalui Bank Indonesia (BI) di mana pasar-pasar rakyat atau tradisional seharusnya sudah mendigitalisasikan sistem transaksi jual beli maupun manajemen pasar itu sendiri.

“Ini sebenarnya lebih efektif. Jadi, harus mengikuti sistem itu langkah pertama, akan mensosialisasikan kepada pedagang untuk memakai aplikasi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard),” katanya, Rabu (5/10/22).

Ia pun menjelaskan, QRIS itu sebuah alat transaksi yang berbentuk barcode. Metode transaksinya bisa melalui perbankan ataupun lembaga keuangan. PPJ Kota Bogor bahkan sempat menggunakan aplikasi digital beberapa waktu lalu, salah satunya CMS (Content Management System). “CMS itu adalah sebuah sistem yang mengefisienkan. Contohnya seperti pedagang itu membuka salah satu rekening perbankan yang menjadikan wadah untuk terintegrasi kepada keuangan kita,” bebernya.

Artinya, sambung dia, selain kepemilikan rekening pribadi itu bisa digunakan untuk kewajiban membayar service charge atau biaya layanan untuk kebersihan, keamanan, dan pelayanan lainnya. Itu semua sudah terintegrasi dalam satu sistem dengan sistem debit perbulannya dengan nominal sesuai Surat Keputusan (SK) PPJ.

Dia menambahkan, sejauh ini, ada beberapa pasar yang berada di naungan PPJ sudah memakai QRIS, seperti Blok F, Pasar Merdeka dan Pasar Bogor. Maka dari itu, pihaknya terus mensosialisasikan kepada para pedagang untuk mengikuti era digitalisasi ini.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.