Buka Kantor Baru LBH Yuris-KAI Bogor Raya Mudahkan Warga Tak Mampu Dapatkan Layanan Hukum Gratis

0 29

Heibogor.com – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yuris Keadilan Anak Bangsa bersama DPC Kongres Advokat Indonesia (KAI) Bogor Raya meresmikan kantor barunya di ruko perumahan The Fusion Bogor Nirwana Residence (BNR), Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor pada Rabu (28/9/22) siang. Dengan adanya kantor baru ini, masyarakat tidak mampu yang membutuhkan layanan hukum bisa menyampaikan asiprasinya di sini.

Ketua DPC Kongres Advokat Indonesia Bogor Raya A Noer Ally mengatakan, DPC KAI Bogor Raya dan LBH Yuris selama ini fokus memberikan layanan hukum terutama bagi masyarakat tidak mampu. “Selama ini fokus kami memberikan layanan hukum terutama kepada masyarakat tidak mampu. Makanya kami juga ada LBH-nya. Masyarakat bisa akses secara gratis dan merata,” kata Ally.

Ally melanjutkan, dengan adanya kantor baru di Kota Bogor, dirinya berharap bisa bermanfaat bagi masyarakat Kota Bogor, yang tengah mengalami persoalan hukum maupun berbenturan dengan pelayanan hukum di Kota Bogor. “Kami berikan layanan cuma-cuma, kami juga akan fokus penyuluhan hukum kepada masyarakat. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat. Terutama kalangan menengah ke bawah. Ya, jadi kami adakan penyuluhan nanti, maksudnya supaya tahu seluk-beluk dan apa saja yang harus dilakukan saat berhadapan dengan persoalan hukum,” terang Ally.

Sementara itu, Presiden KAI pusat Erman Usman yang hadir dalam peresmian kantor baru itu mengapresiasi DPC KAI Bogor Raya atas hadirnya kantor baru. Dirinya berharap, para pengurus bisa menyerap asprasi hukum masyarakat sekitar.  Bisa berupa bantuan hukum atau penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hukum. “Jadi, persoalan hukum bisa mendapat perhatian. KAI harus menyerap aspirasi masyarakat, baik pelayanan maupun jasa seperti halnya jasa biasa. Dengan tetap memegang teguh etika dan integritas,” jelasnya.

Erman berpesan, kepada DPC KAI Bogor Raya untuk bisa bekerjasama dengan berbagai pihak, mulai dari pemerintah daerah hingga lembaga lainnya. “Karena semua punya SDM. Kami beri tenaga dan pikiran kami dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat. Ada partisipasi dari KAI. Apalagi, KAI sohor dengan upaya memberikan bantuan hukum kepada masyarakat miskin. Sehingga hal itu mesti dipertahankan dan ditingkatkan,” tegas Erman.

Intinya, kata dia,  agaimana pun instansi harus perhatian kepada yang lemah. “Orang yang mampu kan bisa cari lawyer, tapi masyarakat miskin belum tentu, karena terbatas akses dan lainnya. Nah, peran kita ya di situ pasti bisa bantu,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.