Foto Bercerita Pameran PFI Bogor Gambarkan Kondisi Sosial Masa dan Kelonggaran Pandemi

0 51

Heibogor.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Atang Trisnanto menutup kegiatan Pameran Foto Jurnalistik Bogor Dalam Bingkai 2022 yang digelar oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bogor selama empat hari di Alun-alun Kota Bogor.

Pria yang akrab disapa Kang Atang ini mengapresiasi kegiatan pameran foto jurnalistik yang sudah ke-8 kalinya digelar dalam tujuh tahun ini. Ia menilai pameran yang ditampilkan oleh para pewarta foto ini idenya sangat genuine dan kualitas fotonya bercerita, sehingga mampu menggambarkan perubahan kondisi sosial saat pandemi dan pelonggaran pasca pandemi. “Ini ide yang jenius dan rekan-rekan pewarta foto sangat baik dalam memotret suatu peristiwa yang mampu bercerita menggambarkan dengan jelas transisi yang kita alami selama dua tahun ini,” ujar Atang, Minggu (18/9/22).

Dari pameran foto ‘Transisi’ ini, Atang berharap ke depannya PFI Bogor bisa terus berkreasi dan mengadakan pameran foto lagi. Karena dari pameran foto ini ia menilai ada poin penting yang bisa disampaikan kepada masyarakat. “Poin penting dari foto yang ditampilkan ini adalah, jangan lupakan masa lalu. Belajar dari pengalaman dan harus optimis menyongsong masa depan. Jadi, apresiasi sebesar-besarnya untuk rekan-rekan PFI yang rutin menyelenggarakan pameran foto hingga ke-8 ini dan kami nantikan pameran foto berikutnya,” tukasnya.

Di hari terakhir kegiatan diramaikan dengan acara lomba foto, Atang menutup seluruh rangkaian acara dengan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba foto. Lomba foto yang diinisiasi oleh Barudak Photography Bogor (BPB) berkolaborasi dengan PFI Bogor ini, memiliki misi mengangkat produk lokal UMKM Kota Bogor, salahsatunya produk fashion atau busana karya desainer Frida Aulia. Di mana hasil foto-foto terbaik yang terpilih bisa menjadi katalog produk untuk bahan promosi pelaku UMKM. Dengan harapan UMKM Kota Bogor dapat bangkit, dan produk lokal asal Kota Bogor dapat terangkat.

Selama empat hari, selain pameran foto, rangkaian kegiatannya yang dilakukan yakni kegiatan sosial pemberian donasi bantuan pendidikan berupa tas dan alat tulis sekolah yang diberikan kepada 20 anak-anak tuna netra dari pesantren tuna netra dan sekolah SLB bebas biaya Cahaya Quran yang berada di bawah Yayasan Tabungan Surga. Kemudian disisi edukasi, rangkaian kegiatan diisi dengan klinik foto berkolaborasi dengan komunitas foto yang ada di Bogor dan UKM fotografi yang ada di kampus – kampus.

“Semoga pameran foto ini dapat menjadi dokumentasi yang bermanfaat sebagai pengingat atas peristiwa besar yang pernah terjadi di bumi Indonesia, khususnya di wilayah Bogor Raya. Terima kasih atas dukungan dan support dari berbagai pihak yang telah membantu sehingga acara ini bisa digelar dan berjalan dengan lancar. Semoga kegiatan sosial, edukasi dan juga hiburan dari kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum,” ucap Ketua PFI Bogor, Hendi Novian.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.