Tirta Pakuan Gerak Cepat Tanggapi Keluhan Pelanggan Gangguan Aliran Air Bersih

0 36

Heibogor.com – Perumda Tirta Pakuan langsung bergerak cepat menanggapi keluhan pelanggan menanggapi keluhan aliran air yang kecil dan tidak mengalir 24 jam. Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Ardani Yusuf mengatakan, ada beberapa penyebab aliran air tidak mengalir 24 jam dan aliran yang kecil.

“Dari yang kita lihat, memang hal itu disebabkan beberapa hal. Salah satunya kebocoran pipa di beberapa titik. Terutama pada pipa-pipa lama di jalur distribusi air ke pelanggan,” katanya kepada awak media, Kamis (15/9/22). Menurutnya, permasalahan kebocoran pada pipa lama salah satunya ada di gangguan sambungan. Seperti jaringan pipa yang sudah lama dan mengalami aus. Belum lagi, Kota Bogor belakangan mengalami hujan deras yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap jaringan distribusi.

“Indikasi kami ke arah sana. Belum lagi ada pergerakan tanah yang mempengaruhi juga. Kita ambil contoh pipa di Jalan Ir H Juanda, ada tiga titik (yang mengalami gangguan) dengan jarak yang berdekatan. Maka itu kita kaji dengan betuldengan kemungkinan ada pergerakan di bawah tanah,” jelasnya.

Selain gangguan pada pipa lama, diakui ada juga pipa HDPE yang juga alami gangguan. Pihaknya pun mengkaji kebocoran secara menyeluruh. Ia mencontohkan gangguan distribusi pada wilayah yang punya tekanan air cukup tinggi. Salah satunya di Pamoyanan. “Dalam waktu sebulan bisa sampai tiga kali pecah pipa. Dari yang kita lihat di lapangan, itu disebabkan Waterhammer atau ada udara yang terjebak dalam pipa. Alhasil tekanan yang tinggi bikin pipa bocor karena ada arus balik,” tandas Ardani.

Ia menegaskan, pada dasarnya Perumda Tirta Pakuan berkomitmen terhadap layanan kepada masyarakat. Ia pun meminta pelanggan untuk tidak sungkan dalam melayangkan kritik dan keluhan terkait pelayanan. “Kami terbuka, silahkan informasikan segala kritik. Kami siap memperbaiki setiap permaslahan di lapangan, salah satunya soal pengaliran. Kami juga kini lebih sigap dalam penanganan keluhan salah satunya soal pengaliran air ini,” ujarnya.

“Tapi memang semua butuh waktu dan proses, ya misalnya kebocoran pipa, butuh waktu untuk kajian dan perbaikan. Kami memohon maaf bila belum sepenuhnya baik tapi kami terus meningkatkan pelayanan dan lebih cepat menangani persoalan di lapangan terkait distribusi air,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.