Kejurda Jabar Tampilkan Bibit Unggul Atlet Wushu Siap Maju ke Kancah Nasional dan Dunia

0 204

Hebogor.com – Ratusan atlet wushu dari berbagai beberapa daerah di Jawa Barat, mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Wushu tingkat Jawa Barat, yang dilangsungkan di Perguruan Harmony Wushu Indonesia Jalan Raya Pajajaran, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor selama tiga hari dari 9 hingga 11 September 2022.

Kejurda Wushu Jawa Barat ini, menjadi kejuaraan wushu pertama yang digelar secara tatap muka setelah dua tahun ditiadakan karena adanya pandemi Covid. Binpres Wushu Jabar, Gogi Nebulana mengungkapkan, ini adalah pertandingan pertama kali yang digelar setelah tahun-tahun sebelumnya ditiadakan karena Covid-19 dan adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kejurda ini, selain sebagai ajang pencarian bibit-bibit atlet baru, juga sebagai ajang try out dan persiapan bagi atlet-atlet yang akan mengikuti even-even kejuaran level nasional dan internasional yang akan berlangsung juga dalam tahun ini.

Dia menyebutkan di tahun ini, ada kejuaraan nasional junior dan senior di Surabaya, pada tanggal 16 September 2022. Kemudian ada PORDA Kota Bogor yang diadakan bulan November nanti. Lalu di Desember ada kejuaraan dunia junior tatap muka di Banten, Indonesia yang diikuti kurang lebih akan diikuti 35 negara.

“Kalau kejuaraan dunia saja sudah mulai di Desember ini masa untuk kejuaraan daerah kita tidak mulai-mulai. Jadi, sebagai pembina tentunya harus memulai namun tidak boleh internasional dulu. Tapi mulai dari daerah dulu untuk mengembangkan atlet-atlet di sini,” ucapnya, Minggu (11/9/22).

Gogi menjelaskan, Kejurda Wushu tingkat Jawa Barat ini, diikuti kurang lebih 185 atlet dari seluruh Jawa Barat. Kategori yang dipertandingkan mulai dari tradisional hingga modern, jurus-jurus, tangan kosong, pemakaian senjata pendek sampai senjata panjang. Kategori pesertanya pun banyak mulai dari usia di bawah 8 tahun, usia di bawah 11 tahun, usia di bawah 15 tahun dan usia di bawah 17 tahun. Acara berlangsung selama tiga hari dan langsung diumumkan juaranya per kategori.

Semoga melalui pertandingan ini, sambungnya, bisa membangkitkan lagi semangat para atlet untuk terus berlatih dan diharapkan juga muncul bibit-bibit atlet potensial sehingga ada regenerasi atlet. Kejuaraan semacam ini efeknya seperti domino pasti akan terus meningkat.

“Karena semakin banyak event atlet-atlet kita akan semakin terasah dan bagus, orang tua semakin semangat dan pelatih juga semakin semangat. Kita mau menghasilkan atlet-atlet terbaik yang membela Jawa Barat baik di tingkat nasional maupun internasional,” harapnya.

Gogi menambahkan, prestasi yang diraih di sini juga bisa menjadi jalur prestasi (japres). Jadi selain edukasi, olah raga ini juga bisa membuahkan prestasi. Prestasi ini bukan hanya buat dirinya sendiri tapi bisa menjadi prestasi perguruannya, daerah dia tinggal atau negara yang dia wakili. Pasti itu menjadi kebanggaan semua orang. “Jadi, jalur prestasi ini bisa dimanfaatkan benar-benar khususnya Kota Bogor dan Jawa Barat, agar mereka bisa berprestasi dan teredukasi dengan baik,” tutup Gogi.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.