Bermain Sekaligus Belajar di Kampung Horta  

0 76

Heibogor.com – Belajar sekaligus bermain memang menjadi pengalaman yang mengasyikan. Terlebih jika berada di alam terbuka dan juga bisa mengeksplorasi bakat dan minat tentu baik bagi perkembangan pendidikan bagi anak-anak usia sekolah.

Salah satunya, wisata keterampilan Kampung Horta Bogor ini tidak seperti wisata pada umumnya karena di sini kita bukan hanya sekedar jalan – jalan saja, namun banyak belajar berbagai macam hal baru bersama-sama dengan cara melakukan kegiatan yang beragam. Sudah banyak anak – anak usia sekolah yang mendatangi wisata edukasi ini.

Kampung Horta ini sudah ada sejak Tahun 2013 di Kampung Selahuni No. 3, Ciomas Rahayu, Ciomas, Kabupaten Bogor. Letaknya berada di tengah-tengah permukiman warga, pengunjung harus melewati gang-gang rumah warga. Namun meski demikian akan terbayarkan langsung dengan disuguhkan pemandangan asri sawah yang ada di kampung ini.

Di Kampung Horta anak-anak diajarkan pelatihan pembuatan Boneka Horta. Dewina/heibogor.com

Di Kampung Horta anak-anak diajarkan pelatihan pembuatan Boneka Horta mulai dari cara dasar menyablon secara manual, pembuatan teratium atau teknik menanam hidroponik dengan hydrogel, pembuatan telor asin, pembuatan minuman cincau dari bahan alami daun cincau, pembuatan kerajinan tanah liat clay, daur ulang kertas, menghias caping atau topi petani, tata boga pembuatan kue tradisional klepon, membuat dan mewarnai layang – layang, membuat sabun, teknik dasar membatik, gardening (MicroGreen), pengenalan ekosistem sawah hingga praktek menanam padi.

Adapun aneka lomba menarik di sawah berlumpur seperti lomba menangkap ikan, menangkap bebek, tarik tambang, memandikan kerbau dan ada kegiatan outbound di area outdoor dengan berbagai macam permainan menarik dan ada juga flying Fox.

Kampung ini disebut Kampung Horta karena sebagian penduduk kampung ini bekerja sampingan sebagai pengrajin boneka horta. Dewina/heibogor.com

Pelatihan keterampilan tersebut dapat dipilih dan disesuaikan dengan keinginan, kebutuhan, usia, atau kurikulum sekolah. Dalam sehari setiap rombongan dapat memilih dan melaksanakan 3 atau 4 program pelatihan semuanya langsung praktek. Teori hanya sebatas pengantar di awal saja, semua praktek dan semua hasilnya boleh dibawa pulang oleh peserta.

Selain itu juga menyediakan konsumi makan siang untuk para peserta dan guru pendamping dengan harga terjangkau. Karena sifatnya pelatihan keterampilan sehingga dalam satu hari pesertanya dibatasi minimal 20 orang dan maksimal 200 orang dan dalam satu hari hanya dapat memfasilitasi beberapa sekolah saja.

Biaya per pelatihan adalah Rp. 20.000/peserta. Estimasi lamanya waktu pelatihan adalah 45-60 menit/pelatihan. Misalnya dalam satu hari sekolah memilih 3 program pelatihan ditambah dengan makan siang makan total biayanya Rp82.000/peserta, “ ujar Marketing Kampung Horta, Panji saat ditemui Rabu (07/09/22).

Kampung Horta masih bisa juga melayani pelatihan online via zoom dari rumah atau sekolah. Bahan kegiatan akan dikirimkan ke sekolah untuk diambil siswa. Biaya kegiatan tetap sama Rp20.000/kegiatan dan minimal 2 kegiatan.

Kampung ini disebut Kampung Horta karena sebagian penduduk kampung ini bekerja sampingan sebagai pengrajin Boneka Horta. “Kami tidak ada pegawai tetap karena sebetulnya kita bukan perusahaaan tapi pemberdayaan warga. Jadi warga yang mau ikut bekerja kami persilahkan,” jelas Panji.

Boneka Horta juga sudah tersedia di berbagai marketplace. Harganya kisaran Rp15.000-30.000. Untuk info lebih lanjutnya bisa hubungi +62 852-2033-7766 atau cek di Instagram @kampunghortabogor. (DEWINA/MG)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.