Wisata Kebun Anggur Anggola Dengan Beragam Bentuk dan Rasa, Bisa Cicip Langsung dari Pohon

0 48

Heibogor.com – Bogor merupakan salah satu daerah yang tujuan wisatawan untuk terus berkunjung, dengan cara selalu menghadirkan wisata yang menarik. Seperti wisata kebun anggur yang bernama Anggola Garden, yang berada di Jalan Sawah Baru, Laladon, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Kebun anggur ini berdiri pada tahun 2021. Begitu masuk area kebun, pengunjung bisa langsung disuguhi buah anggur yang menggantung di atas tralis yang merupakan sistem instalasi Anggola Garden. Anggola Garden memiliki luas lahan 1 hektare, khusus luas green housenya sendiri 5.000 hektare, dengan memiliki 10 Green House berisi beragam jenis anggur impor.

Secara keseluruhan di Anggola Garden terdapat 50 jenis anggur dari berbagai negara. Nantinya dari 50 jenis anggur itu akan dikerucutkan menjadi beberapa jenis anggur unggulan dengan kualitasnya yang terbaik dan bisa bersahabat dengan cuaca di Bogor, di antaranya ada Julian, Carme, Gozv, Akademik, Taldun, dan Tamaki. Dari bentuk anggurnya pun sangat unik, ada yang bentuknya lonjong, bulat, dan kecil.

“Untuk anggur Gozv asalnya dari Ukrania, sedangkan Tamaki dari Jepang. Kalau masyarakat awam mungkin lebih sulit untuk mengingat namanya, jadi untuk lebih mudah diingat jenis anggur di Anggola Garden ini ada anggur hitam, hijau, merah, anggur besar, kecil, dan lonjong,” kata Pengelola Anggola Garden, Ekky Pasmadirja, Rabu (07/09/22).

Anggur di Anggola Garden ini berbeda dari jenis anggur yang biasa ditemui, rasanya yang manis dipadu dengan tekstur daging crunchy, juicy, dan ada juga yang wanginya itu seperti permen. Para pengunjung bisa langsung menikmati anggur segar yang langsung dipetik dari pohonnya. Ketersediaan buah anggur di Anggola Garden selalu ada, walaupun jumlah anggurnya tidak sebanyak saat panen raya.

Selain itu, Anggola Garden didesain sebagai Agrowisata sehingga setiap harinya tetap ada anggur yang berbuah. Tidak hanya sebatas menampilkan anggur yang unik – unik, tetapi juga bisa dicicipi langsung oleh pengunjung dari pohonnya.

“Untuk panen anggur paling bagus dua kali panen dalam satu tahun. Kalau untuk di sini disetting setiap bulannya ada buah dan bisa dipanen. Karena di sini tuh konsepnya bukan skala produksi, tapi agrowisata jadi harus selalu ada buah,” jelas Ekky.

Perkebunan anggur ini juga salah satu perkebunan terbesar di Bogor, dan memiliki Green House terbesar di Indonesia. Green House di Anggola Garden menggunakan plastik uv, yakni plastik yang digunakan bukan untuk menahan cahaya, tapi lebih identik untuk menahan curah hujan yang begitu tinggi. “Seperti yang kita tahu kalau Bogor dijuluki sebagai Kota Hujan,” ujar Ekky. (MAURA/MG)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.