Sanggar Dewi Sri Ingin Seni Sunda Tak Lekang Tergerus Zaman

0 68

Heibogor.com – Sanggar seni merupakan suatu tempat atau sarana yang digunakan komunitas orang untuk berkegiatan seni tari, seni lukis, seni kerajinan dan lain sebagainya.

Sudah banyak sanggar seni yang terdapat di kota Bogor, salahsatunya sanggar seni yang berlokasi di Jalan Aria Surialaga No.30, RT02/RW04, Pasir Jaya, Bogor Barat, Kota Bogor bernama Sanggar Seni Dewi Sri yang melayani pengunjung mulai pukul 09:00 hingga 17:00 WIB setiap harinya kecuali libur/tutup pada hari Senin.

Pendiri Sanggar Seni Dewi Sri, Wowo Sutarwa mengatakan, sanggar ini telah berdiri sejak 12 Desember 1991, alasan ia mendirikan sanggar ini karena kesenian tradisional di zaman sekarang ini kurang diminati oleh masyarakat, sedangkan seni-seni dari luar masuknya cepat, oleh karena itu Wowo berniat untuk melestarikan dan mendirikan sanggar ini dengan tujuan agar siapapun yang punya minat dan bakat bisa belajar di sanggar ini.

Visi misi sanggar ini tujuannya agar masyarakat tidak pernah melupakan budaya sendiri. Untuk melestarikan seni budaya Sunda agar tidak terpengaruh atau tidak hilang oleh kesenian yang lain, selain itu seni tari juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari hari salah satunya sebagai sarana hiburan.

Wowo menyayangkan di era globalisasi ini kesenian tari tradisional sudah jarang di diminati oleh masyarakat, namun sejak kami melakukan sejumlah kreativitas dengan sejumlah gerakan seni tari, banyak masyarakat yang mulai tertarik.

“Sanggar seni ini telah muncul bertahun tahun lalu dan sekarang masih tetap berkembang. Oleh sebab itu, dalam pengembangannya sanggar ini akan memberikan bimbingan bagi mereka yang ingin menekuninya dan mengasah kemampuan mereka agar mampu bersaing dengan seniman seniman lainnya.” ucap Wowo, Rabu (31/08/22).

Tentu saja, sambungnya,  mengelola sanggar seni ini tidaklah mudah. Semakin tahun, semakin kurang peminatnya, sedikit sekali orang yang masih peduli dengan kesenian tradisional ini. Namun, Wowo tetap berusaha untuk terus mengembangkan Sanggar Seni Dewi Sri ini.

Di samping itu, sanggar yang memiliki 4 staf yang mengajar, tarian yang diajarkan pun bermacam macam. Setiap jenis tarian memiliki keunikan tersendiri yang membedakan kebudayaan daerah satu dengan daerah yang dibawakan, ada tari Klasik seperti Tari Merak, Tari Jaipong, ada tari Nasional seperti dance dan tari Palembang seperti Tari Piring.

Pendiri Sanggar Seni Dewi Sri, Wowo Sutarwa. Mirna/heibogor.com

Sanggar ini sudah sering mengikuti ajang perlombaan, seperti festival tari tradisonal, lomba-lomba yang sifatnya di selenggarakan oleh mall atau dari organisasi tertentu. Maka tidak heran, banyak penghargaan yang sudah di dapat oleh sanggar seni ini, salah satunya penghargaan lomba festival dan tari klasik baik berupa piala maupun berupa piagam.

“Selain itu sanggar ini juga sering dipanggil untuk acara acara seperti pernikahan, perpisahan, sunatan dan lain sebagainya,” tandas Wowo. (MIRNA/MG)

Sanggar Seni Dewi Sri

Jalan Aria Surialaga No.30, RT02/RW04, Pasir Jaya, Bogor Barat, Kota Bogor

Ig: @sanggarsenidewisri

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.