Mangot Maooot Rajanya Olahan Ikan Manyung Bikin Lidah Tak Berhenti Bergoyang

0 54

Heibogor.com – Aroma daging ikan asap menyeruak di setiap daging dalam kepala ikan Manyung ini. Dagingnya yang lembut berpadu rasa pedas nan gurih di bumbu mangutnya, membuat lidah tak ingin berhenti menikmati kelezatannya.

Menikmati Mangut Kepala Manyung dengan kuah santan ini, rasanya bisa membuat Anda selalu ingin nambah. Mungkin tidak banyak yang familiar dengan jenis ikan Manyung ini. Biasanya menu ini disajian pada masakan Ikan Asin Jambal Roti. Tapi, di Resto Mangot Maooot, menu ikan Manyung menjadi sajian utama dan hadir dalam bentuk berbeda. Resto Mangot Maooot mengolah kepala ikan Manyung yang besar dengan bumbu mangut yang terkenal dengan rasa gurih dan pedasnya.

Dijelaskan oleh salah satu pemilik Mangot Maooot Ungaran Semarang, Anita Ristiani, sebelum disajikan, kepala ikan Manyung ini diasap terlebih dahulu sehingga tekstur daging ikan padat tetapi juga kenyal, tidak seperti tekstur daging ikan biasa. Baru dimasak dengan bumbu mangut dan ketika perpaduan daging asap ini bertemu dengan bumbu mangut, maka indera pengecap akan terbuai dengan cita rasa yang gurih dan pedas, menyisakan sedikit semburat manis yang membalut keseluruhan bagian kepala ikan yang tersaji.

“Tidak bisa menikmati sajian ini tanpa “turun tangan” alias harus menggunakan tangan langsung untuk bisa menikmati keseluruhan bagian kepala ikan ini. Rasa pedas yang cukup membakar bibir dan lidah berasa nikmatnya tiada dua,” terang Anita didampingi rekan sekaligus juga pemilik Mangot Maooot Bogor, Nida Syaidah saat ditemui di Resto Mangot Maooot Jalan Pangeran Asogiri, Ruko Hollywood, Blok D5, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Selasa (30/8/22).

Tidak hanya Mangut Kepala Manyung, sambung Anita, di Mangot Maooot ini, pengunjung juga bisa memilih aneka menu lainnya seperti Mangut Ikan Manyung, Mangut Belut, Mangut Ikan Tongkol, Mangut Ikan Pari, Pindang Serani, Aneka Penyet, aneka menu tambahan dan minuman. Anita mengungkapkan, keunggulan ikan Manyung di sini tidak berbau amis seperti ikan tawar atau ikan laut lainnya. Karena dimasak dengan cara diasap. Ikannya juga didatangkan dari Semarang. Jadi, tidak mengubah cita rasa aslinya.

“Di Bogor, saya rasa menu kuliner Mangut Ikan Manyung asap berkuah santan ini baru ada di sini dan satu-satunya di Bogor. Mungkin ada beberapa tapi ikannya digoreng. Padahal di tempat asalnya itu diasap ikannya,” ungkapnya. Ia mengatakan, Mangut Kepala Manyung ini adalah salah satu kuliner legendaris di Kota Semarang. Mangot Maooot Ungaran Semarang adalah pusatnya dan Mangot Maooot Bogor adalah usaha franchise pertama di Kota Bogor. Untuk arti nama Maooot, dalam bahasa Jawa itu berarti sangat atau banget. Jadi, Mangot Maooot itu ya Mangot banget. Udah top-topnya kalau bahasa di sana.

Owner Mangot Maooot Bogor, Nida Syaidah menambahkan, Mangot Maooot memiliki dua lantai yang bisa di tempati pengunjung. Ada area meja kursi dan area lesehan. Untuk harga menu Mangut Kepala Manyung satu porsinya itu mulai dari Rp50 ribu sampai Rp250 ribu tergantung dari besarnya yaitu ada size S, M, L, dan XL (jumbo) yang porsinya bisa untuk 7 orang. Harga menu lainnya dari mulai Rp8 ribu sampai Rp35 ribu. Sedangkan minuman mulai dari Rp3 ribu sampai Rp17 ribu.

“Kami buka setiap hari dari jam 10.00 pagi sampai jam 20.00 malam. Kami juga melayani pesanan via online melalui nomor WhatsApp 085885888868. Kami juga menerima pesanan nasi box. Untuk kepo-kepo tentang menu-menu bisa lihat di instagram @mangotmaooot.bogor,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.