Pentingnya Manajemen dan Kesehatan Mental Ibu Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

0 81

Heibogor.com –MoM Academy Bogor menyelenggarakan acara silaturahmi bersama membernya di D’Colonel Resto Jalan Achmad Adnawijaya, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Sabtu (20/8/22) lalu.

Kegiatan yang berisikan berbagai macam perlombaan kemerdekaan untuk ibu dan anak itu berlangsung meriah. Selain perlombaan kemerdekaan, MoM Academy juga melangsungkan acara talkshow dengan menghadirkan Psikologis Klinis Anak & Keluarga, Yasmine Edwina agar ibu mengetahui betapa pentingnya menjaga kesehatan mental. Karena jika ibu merasa bahagia, maka ia dapat menjalani seluruh perannya termasuk dalam mengurus anak dengan emosi yang stabil.

Dalam acara talkshow itu, Yasmine mengungkapkan fakta mengenai kesehatan mental ibu. Menurutnya, kesehatan mental ibu berpengaruh besar pada tumbuh kembang anak. “Jika kesehatan mental ibu sedang bermasalah, maka akan terefleksikan dalam pola pengasuhan kepada anak. Hal itu akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Jika tidak dihentikan, siklus ini akan berlanjut saat anak sudah dewasa hingga memiliki anak mereka sendiri,” ujarnya.

Dalam menjaga kesehatan mental, Yasmine mengatakan bahwa seorang ibu perlu perlu memahami kapan dirinya mengalami stres yang tidak sehat. Hal tersebut dapat dilihat dari gejala-gejala yang terbilang tidak normal seperti adanya perubahan kondisi kesehatan fisik yang drastis, makan dan tidur yang terlalu sedikit atau terlalu banyak, memiliki energi yang sedikit serta susahnya mengontrol emosi.

Gejala-gejala tersebut utamanya terjadi karena ada banyaknya tuntutan dari luar serta kurangnya support system bagi ibu. Jika sudah sampai muncul keinginan untuk menyakiti diri sendiri dan orang lain serta kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari, berarti kondisi kesehatan mentalnya sudah membutuhkan bantuan tenaga profesional yang lebih serius.

“Oleh karena itu, penting bagi seorang ibu untuk memperhatikan kebutuhan dirinya sendiri dengan mengenali diri sendiri, mengenali hal yang membuatnya rentan lelah dan hal yang bisa membuat dirinya bahagia, karena kebahagiaan ibu menjadi salah satu faktor penentuan keberhasilan pengasuhan anak,” jelasnya.

Keuntungan dari seorang ibu yang bahagia salah satunya adalah dapat menjalani seluruh perannya dengan emosi yang stabil. “Ketika kestabilan emosi terjaga, kebutuhan anak dapat terfasilitasi dengan baik,” tambahnya.

Kestabilan emosi dan rasa bahagia seorang ibu akan berpengaruh pada suasana rumah dan kebahagiaan yang dipancarkan oleh ibu akan dirasakan bahkan memberikan energi positif pada keluarganya. “Karena itu, penting untuk ibu bisa mengenali diri dan mengelola emosinya dengan baik dan tentu saja hal ini memerlukan dukungan dari ayah dan anggota keluarga lainnya,” tutup Yasmine.

Ketua Regional Mom Academy Bogor, Putri Wulansari menambahkan, anak membutuhkan bantuan prangtua dan bukan kemarahan. Jadi sangat penting untuk selalu terhubung dan mengatur perasaan kita, karena bagaimana ibu bereaksi pada saat-saat ini akan mempengaruhi secara mendalam kepada kemampuan anak- anak untuk mengatur dirinya sendiri, mengontrol, dan keseluruhan kesehatan emosional hingga ke masa depannya.

“Semoga wawasan peserta mengenai betapa pentingnya menjaga kesehatan mental itu bertambah. Selain itu, semoga keeratan jalinan silaturahmi antar member terwujud lewat lomba-lomba yang ada,” ungkap Putri.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.