Youth Innovation Festival Dorong Wujud Nyata Karya Anak Muda

0 42

Heibogor.com – Puncak kegiatan Youth Innovation Festival (YIF) yang melibatkan para kawula muda perwakilan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia khususnya Jawa Barat sukses terselenggara secara daring dan luring di Alun-alun Kota Bogor, Minggu (21/8/22).

Kegiatan tersebut menjadi jembatan sosialisasi hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 kepada ribuan anak muda Indonesia, yang membahas tuntas empat tema prioritas Y20 agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari anak muda Indonesia. YIF berlangsung sejak pagi hingga malam hari dengan narasumber yang hadir mewakili anak muda dari berbagai aspek, mulai dari business leader, community leader, dan expert di keempat tema prioritas Y20 tersebut.

Terselenggaranya YIF tersebut mengundang perhatian Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yang tiba hampir di penghujung acara didampingi Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Herawanto serta sejumlah tamu undangan lainnya. Ridwan Kamil sempat naik podium untuk menumpahkan gagasannya terkait masa depan anak muda dalam berperan membangun bangsa. Dilanjutkan dengan sesi pengukuhan kepada perwakilan 985 Mahasiswa terpilih dari sejumlah Perguruan Tinggi se-Jawa Barat yang merupakan Generasi Baru Indonesia (GenBI) sebagai penerima beasiswa dari Bank Indonesia.

Ridwan Kamil juga melakukan sejumlah interaksi tanya jawab kepada para audience dan diakhiri dengan pemberian hadiah uang tunai, gelak tawa audience mewarnai pada saat sesi interaksi tersebut. Dia mengapresiasi kaum muda yang sudah terlibat dalam pelaksanaan YIF berkelas internasional itu, menandakan bahwa generasi muda Indonesia siap menghadapi segala ketidakpastian yang ada saat ini. “Saya apresiasi panitia dari Y20, media tolong apresiasi anak-anak muda ini, masih muda sudah mengorganisasikan kegiatan internasional. Nanti di suatu saat mereka menjadi pemimpin, sudah terbiasa diplomasi di dunia,” ungkapnya.

Dia mengaku, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar menampung segala bentuk sinergitas yang diinisiasi oleh para anak muda melalui berbagai konteks untuk mendorong wujud nyata karya-karya anak anak muda. Ia mencontohkan, gebrakan Pemrov Jabar yang membangun sejumlah Creative Center disejumlah daerah sebagai sarana pendukung dan bentuk fasilitas ruang publik yang mayoritas digunakan oleh para pemuda. “Jabar merespon berbagai aspirasi hingga inspirasi dari para pemuda terkait inklusifitas masa depan pekerjaan revolusi digital, itulah kebangaan kami. Kita tunggu kesuksesannya di Y20 summit di november di Bali,” tukasnya.

Senada, Wali Kota Bogor Bima Arya juga menyematkan rasa bangga atas pencapaian dan peran aktif anak muda yang mendorong roda kreatifitas sebagai cikal bakal kemajuan bangsa. “Kita berkolaborasi menyelenggarakan acara ini dengan mengundang para inspirator muda dari berbagai bidang, dan tercatat yang datang seribuan,” katanya

Dia sangat mendukung kegiatan yang dimotori para kaum milenial tersebut, dengan harapan akan muncul generasi penerus bangsa yang bermental kokoh di tengah tatangan era digitalisasi saat ini. “Mereka yang datang dari berbagai kota. Ini kolaborasi yang luar biasa. Dan acara ini berlangsung tanpa APBD, ini murni hasil kreativitas mereka,” bangganya. Diketahui, rangkaian YIF sendiri sudah dimulai sejak bulan Mei 2022 dengan sejumlah rangkaian pre-event yang sudah dilaksanakan di 3 kota, yaitu Bogor, Depok, dan Bekasi. Sementara, untuk pelaksanaan YIF di Alun-alun Kota Bogor berlangsung sangat meriah, walau sempat diguyur derasnya hujan para audience tetap antusias mengikuti jalannya acara.

Adapun rangkaian acara diisi dengan beragam hiburan seperti music, penampilan tarian seni budaya hingga beragam diskusi yang diisi oleh para narasumber kompeten seperti, Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono, CEO Indozone Riel Tasmaya dan sejumlah tokoh lainya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.