Relawan FMP dan Disdukcapil Kerjasama Pelayanan Dokumen Kependudukan

0 38

Heibogor.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor dengan relawan Festival Merah Putih (FMP) melakukan perjanjian kerjasama terkait pelayanan dokumen kependudukan. Penandatanganan perjanjian kerja sama kedua belah pihak berlangsung di area Vihara Dhanagun, Jumat (19/8/22).

Sekretaris Disdukcapil Kota Bogor, Casmita menyampaikan, kerjasama ini dalam rangka pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat yang akan difasilitasi oleh relawan FMP. Kerja sama ini sampai dengan penerbitan dokumen kependudukan oleh Disdukcapil.

“Untuk teknisnya akan dibahas lebih lanjut oleh FMP. Dari informasinya akan membentuk relawan (FMP). Nanti kami akan fasilitasi untuk penerbitan dokumen kependudukan dengan tentunya selama persyaratan terpenuhi,” papar Casmita.

Ia menyatakan pihaknya menyambut baik kerja sama dengan relawan FMP. Hal ini menjadi bagian dalam upaya memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam kepengurusan dokumen kependudukan. “Intinya kami siap, karena tugas kami untuk memberikan dokumen kependudukan kepada masyarakat, ini juga dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan, bisa langsung ke Disdukcapil atau melalui PKS (perjanjian kerja sama) seperti ini, salah satu contohnya,” kata Casmita.

Sementara Dewan Pengarah FMP, Mahendra mengatakan, pihaknya dalam rangkaian FMP tahun ini ingin memberikan sesuatu yang berdeda dengan nilai tersendiri untuk masyarakat Kota Bogor tentang dokumen kependudukan terutama untuk masyarakat marjinal.

“Terkadang kelompok ini abai untuk mengurus dokumen kependudukan, bisa karena memang tidak tahu atau karena memang abai tadi. Karena beredar banyak di masyarakat kalau mengurus kependudukan seperti KTP itu susah ribet. Sebenarnya itu kalau segala dokumen lengkap pasti lancar,” katanya.

Oleh karen itu, lanjut Mahendra, relawan FMP akan mensosialisasikan bahwa untuk memperoleh dokumen kependudukan itu gampang dan tidak ada biaya sama sekali. Relawan FMP juga akan menampung atau menjaring masyarakat yang memang membutuhkan pelayanan dokumen kependudukan.

“Kami ada 11 relawan FMP akan turun ke daerah sekitar Vihara Dhanagun ini mensosialisasikan siapa yang belum lengkap data administrasi kependudukan untuk segera melengkapi. Karena ini ada kesempatan yang baik, kita bantu masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan,” ucapnya.

Dijelaskan Mahendra, kegiatan tersebut akan mulai dilaksanakan pada 22 sampai 31 Agustus 2022. Masyarakat nanti bisa datang langsung ke Vihara Dhanagun dari pukul 10.00 hingga 15.00 WIB. Pelayanan ini sampai dengan penerbitan dokumen kependudukan, seperti akta perkawinan, akta kelahiran, akta kematian dan juga surat pindah. “Jadi kita sosialisasi, lalu mengumpulkan berkas, kita screning awal, jika perlengkapan sudah lengkap akan kita bawa ke Disdukcapil,” paparnya.

Ia menyampaikan bahwa kerja sama yang dilakukan dengan Disdukcapil Kota Bogor akan berkesinambungan kedepannya. “Selanjutnya Vihara Dhanagun juga akan terus melanjutkan kerjasama ini,” tukas Mahendra.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.