Keren!Warga Kampung Sawah Cimahpar Sulap Barang Bekas Jadi Pernak-Pernik Sambut HUT Kemerdekaan RI

0 96

Heibogor.com – Jelang perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, setiap tempat berlomba lomba mendandani wilayahnya dengan beragam hiasan bertema perjuangan dan nuansa merah putih. Di momentum ini, kreativitas dan semangat kegotongroyongan warga pun terlihat untuk menyambut hari bersejarah bangsa Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Wilayah Kampung Sawah RT 01 RW 11, Kelurahan Cimahpar, Kota Bogor.

Salah satunya memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar, sekelompok pemuda mendaurulangnya menjadi benda hiasan kemerdekaan yang dipajang di depan jalan masuk kampung. Benda-benda hias yang dibuat yaitu pesawat terbang, tank, patung tentara, sayap, kanvas lukisan dan lain-lain. dari bahan-bahan bekas yang dipakai diantaranya seperti limbah kardus, kantong semen, paralon, strerofoam, botol plastik, terpal, bambu, dan masih banyak lagi.

Salah seorang tokoh pemuda setempat yang juga kreator kegiatan, Yadi Suryadi menjelaskan, pembuatan gapura dan barang-barang hias kemerdekaan ini dikerjakan kurang lebih selama satu minggu. Ornamen yang dibuat di antaranya ada patung tentara TNI lengkap dengan senjata dan baju lorengnya. Kemudian ada helikopter sepanjang 3 meter, tank berukuran 1,5 meter plus dengan meriamnya, ada juga lukisan Bung Karno, Jenderal Sudirman, Sayap yang menyala saat malam, terowongan dari bambu yang dihiasi lampu warna warni dan pernak pernik lainnya dari barang-barang bekas.

“Jadi, ini hasil swadaya warga mengumpulkan dana dan barang bekas untuk membuat gapura dan hiasan lainnya karena minimnya dana juga. Kekompakan warga khususnya para pemuda yang secara gotong royong ingin memeriahkan hari kemerdekaan ini, menjadi bukti keguyuban dan kecintaan mereka terhadap Hari Kemerdekaan Indonesia,” ucap pria yang akrab disapa Boy ini saat ditemui, Minggu (15/8/22).

Boy menambahkan, tak hanya menghias kampung, nanti di tanggal 17 Agustus juga akan dilangsungkan sejumlah acara mulai dari pagi hingga malam hari seperti ada layar tancap, panggung hiburan, perlombaan unik, upacara bendera, pawai, fashion show, acara seni dan budaya, hingga merilis 100 ekor burung pipit.

Dia berharap ingin memeriahkan, meramaikan hari kemerdekaan. Tapi utamanya kami ingin warga kompak, bersatu, guyub, bergotong royong dalam membuat suatu acara. Apalagi ini untuk acara HUT RI setahun sekali sehingga sangat semangat membuat ini semua untuk warga dan untuk negeri ini.

“Meski dengan anggaran yang minim tapi dengan kekompakan warga yang secara swadaya dan gotong royong Insya Allah acara perayaan 17an di kampung kita akan ramai. Saya berharap tradisi yang bisa menghibur sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan kreasi warga ini bisa terus berjalan di tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

Sementara di tempat yang sama, Lurah Cimahpar, Ronny Khunaefi mengapresiasi apa yang dilakukan warga Kampung Sawah RT 01. Menurutnya, antusias masyarakat pasca pandemi di tahun 2022 sungguh luar biasa dalam menyambut hari kemerdekaan RI.  “Tentu ini sangat bagus. Warga secara swadaya meluangkan waktu tenaga serta ide dan gagasan untuk disalurkan lewat karya yang luar biasa,” ucapnya.

Ronny mengatakan, di Kelurahan Cimahpar sendiri terdapat 16 Rukun Warga (RW) dan 67 Rukun Tetangga (RT) yang menyambut hari kemerdekaan RI dengan karya masing-masing. “Ada dua RW yang memanfaatkan limbah atau barang bekas dapat kami bina menjadi UMKM dan tentunya kelurahan siap membantu untuk kepentingan masyarakat,” bebernya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.