Kontes dan Pameran Bonsai Pamerkan Beragam Jenis dan Ukuran untuk Umum

0 113

Heibogor.com – Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kota Bogor menggelar “Buitenzorg Bonsai Festival” kontes dan pameran Bonsai tingkat nasional di Alun-Alun Kota Bogor, dari tanggal 11 sampai 23 Juli 2022.

Selain kontes, PPBI Cabang Kota Bogor juga akan memamerkan bonsai-bonsai dengan aneka ragam jenis dan ukuran untuk umum. Pameran akan berlangsung selama enam hari yang mulai dibuka pada 17 Juli. Ketua Panitia Buitenzorg Bonsai Festival, Abdul Halim mengatakan, kontes bonsai skala nasional ini merupakan even perdana yang digelar PPBI Cabang Kota Bogor.

“Terakhir pameran sekitar 13 tahun lalu dan di tahun 2022 ini kita mengadakan pameran nasional dengan tema Buitenzorg Bonsai Festival,” katanya saat ditemui di Alun Alun Kota Bogor, Rabu (13/7/22). Ia mengungkapkan, kontes ini bakal diikuti ratusan penggemar bonsai di 250 cabang PPBI se-Indonesia. Saat ini, sedang tahap penerimaan bonsai dimulai sejak 11 Juli hingga 13 Juli 2022.

“Kami perkirakan dari jumlah yang akan hadir sudah terkonfirmasi ada sekitar 950 bonsai atau bahkan bisa tembus sampai seribu bonsai. Update per hari sudah 228 bonsai yang masuk dan terjauh dari Kalimantan Selatan,” ungkapnya. Dalam kontes ini, sambung Halim, ada empat kelas yang diperlombakan, yaitu kelas prospek, pratama, madya dan utama. Sementara sesuai jadwal, penjurian akan dilaksanakan pada 14-16 Juli.

“Untuk sekarang kami turunkan empat juri dan satu dewan juri. Ada empat kolom penjurian yang menjadi patokan juri, realitas alam, kesehatan pohon, proporsi, dimensi, harmoni, semua dinilai,” terangnya. Halim memaparkan, bagi penggemar bonsai, kontes ini menjadi ajang untuk mencapai sebuah prestasi menaikkan kelas bonsai yang tersertifikasi PPBI. “Ya, goals-nya untuk menaikan kelas dan semakin naik kelas tentunya harga dari bonsai itu sendiri akan mengikuti, naik,” ucap Halim.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.