Rumah Sakit Islam Aysha Hadir Bantu Masyarakat Dapat Kemudahan Pelayanan Kesehatan

0 95

Heibogor.com – Rumah Sakit (RS) Islam Aysha yang berlokasi di Perumahan Acropolis, Jalan Sukahati, Karadenan Cibinong, Kabupaten Bogor, secara resmi dibuka untuk umum pada Jumat (1/7/22).

Grand opening rumah sakit umum swasta tipe C itu setelah peletakan batu pertamanya pada 21 Agustus 2018 lalu dibuka langsung oleh Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan didampingi Komisaris RS Islam Aysha, Dr.H.R Agus Sriyanta dan turut disaksikan sejumlah unsur Forkopimda Kabupaten Bogor.

Terdiri dari 4 lantai dengan luas bangunan ± 8.500 meter persegi di atas lahan ± 10.000 meter, RS Islam Aysha dirancang untuk dapat menampung pelayanan rawat jalan dengan lebih dari 14 poliklinik, rawat inap dengan kapasitas 118 tempat tidur dibagi dalam 4 kelas, yaitu kelas VVIP, VIP, Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Ruang Operasi, Ruang bersalin, Ruang Bayi, IGD dll, dan dapat menampung ratusan kendaraan roda 4 dan roda 2.

Komisaris RS Islam Aysha, Dr.H.R Agus Sriyanta menyampaikan, latar belakang berdirinya Rumah Sakit Islam Aysha adalah untuk membantu masyarakat khususnya di wilayah Bogor untuk mendapatkan kemudahan akses pelayanan kesehatan dan sebagai media dakwah juga mendukung pemerintah dalam membangun Bogor sehat melalui program Karsa Bogor Sehat.

“Kami ada 140 tempat tidur tapi yang sudah siap baru 120. Untuk yang middle low ada 93 bed. Ruang kelas satu 20 bed, ruang kelas dua 27 bed, ruang kelas tiga 46 bed. Untuk yang VIP/VVIP ada 25 bed. Kemudian ada 14 poli, 12 pelayanan medis termasuk IGD 24 Jam,” jelasnya.

Agus menambahkan, selain itu kehadiran rumah sakit yang bersebelahan dengan SDIT Al Madinah itu bertujuan tmembantu masyarakat mendapatkan kemudahan akses pelayanan Kesehatan. Sehingga, sambung Agus, maka dari itu rumah sakit ini diperuntukkan untuk semua kalangan dan kela baik kalangan menengah ke bawah maupun menengah ke atas. “Kami menyasar semuanya dari kelas ke bawah sampai kelas ke atas. Intinya kita melayani semua di sini karena memang kita ingin rumah sakit ini berpihak kepada masyarakat umum,” ucapnya.

Agus meneruskan, bahwa pihaknya akan memberi kemudahan dan mencarikan solusi agar warga yang datang terlayani dengan baik. “Seperti yang kami sampaikan bahwa kami ini memang lahir karena kondisi real di lapangan. Jadi, tidak mau lagi ada masyarakat yang datang ke rumah sakit tidak kebagian tempat tidur, terlantar di IGD, tidak punya uang Down Payment (DP). Itu kita akan cari solusinya dan mencoba hapuskan DP tersebut kalau memang mereka tidak mampu. Yang penting terlayani dulu dan ada sousinya. Jadi, istilahnya kami tidak membiarkan masyarakat tidak terlayani rumah sakit,” ungkapnya.

Sementara, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyambut baik hadirnya RS Islam Aysha di Kabupaten Bogor. Terlebih rumah sakit ini sudah cukup lengkap menyuguhkan fasilitas dan pelayanan. Ada ruang kelas 1 sampai 3, ada ruang VIP/VVIP, dan dokternya juga sudah ada spesialisnya. “Keberadaan RS Islam Aysha tentunya sangat membantu pelayanan kesehatan dan bisa menjadi pilihan warga Bogor untuk berobat. Ini meringankan kita ada penambahan tempat tidur rumah sakit di Kabupaten Bogor,” kata Iwan.

Iwan mengatakan, berdasarkan aturan dari WHO ada standar ratio ketersediaan tempat tidur di sebuah rumah sakit. “Ratio yang dibutuhkan Kabupaten Bogor minimal sekitar 5 ribu lebih. Sedangkan kita baru punya sekitar 4 ribu sekian. Artinya masih kurang sekitar 1200 an tempat tidur. Rata-rata kemampuan rumah sakit kita hanya menyediakan 150-200 bed. Dari situlah perlunya kita menambah rumah sakit untuk mencapai ratio yang ditetapkan WHO,” bebernya.

Penunjang dan pelayanan medis di RS Islam Aysha:

IGD 24 Jam

Instalasi rawat jalan

Instalasi rawat inap

Instalasi radiologi

Instalasi rehab medik

Instalasi kamar operasi & CSSD

Instalasi ruang rawat intensif

Instalasi ruang persalinan

Instalasi farmasi RS

Instalasi gizi

Instalasi laboratorium

IPSRS

Fasilitas pelayanan 140 bed dan 14 poli

Poli umum

Poli penyakit dalam

Poli anak

Poli gigi dan mulut

Poli jantung

Poli urologi

Poli kulit dan kelamin

Poli bedah

Poli kandungan

Poli mata

Poli syaraf

Poli paru

Poli ortopedi

Poli rehabilitasi medik

Ruang VIP/VVIP (25 bed)

Ruang kelas 1 (20 bed)

Ruang kelas 2 (27 bed)

Ruang kelas 3 (46 bed)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.