Komunitas Sepeda Tua Meriahkan Hari Sepeda Sedunia, Olahraga Sekaligus Ajak Jaga Lingkungan

0 104

Heibogor.com – Memeriahkan Hari Sepeda Sedunia (World Bicycle Day) dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) tahun 2022, Onthel Community (Oncom) Bogor bersama Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Kota Bogor, mengadakan kegiatan gowes bersama keliling kota pada Minggu (5/6/22) pagi. Kegiatan ini, dilakukan sebagai bagian dari “aksi sejuta sepeda satu Indonesia” yang serentak dilakukan di kota-kota besar di Indonesia.

Dengan memakai pakaian jadul (jaman dulu) yang menjadi khas komunitas ini, rute keliling Kota Bogor, dimulai dari Taman Peranginan kemudian menuju depan Istana Bogor untuk berswafoto kemudian dilanjut melalui pedestrian SSA hingga Tugu Kujang. Usia berswafoto perjalanan dilanjut melalui jalan Suryakancana kemudian ke balai kota sambil melakukan aksi bebersih memungut sampah hingga kembali ke Taman Peranginan.

Ketua Kosti Kota Bogor, A. Iwan Mokhamad Ridwan menyebut bahwa kegiatan bersepeda ini, secara serentak juga dilakukan di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Cirebon, Medan, Makasar dan kota lainnya.

Ia menjelaskan, World Bicycle Day ditetapkan secara internasional pada 3 Juni oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dengan digelarnya kegiatan gowes pada hari ini, ia berharap dapat memasyarakatkan budaya bersepeda baik bersekolah, bekerja. Tujuannya mensosialisasikan bersepeda itu sehat. Bukan maksudnya mobil motor tidak ada, artinya membudayakan bersepeda ini dengan angkutan massal yang diharapkan bisa mengurangi penggunaan motor dan mobil seperti di kota-kota di negara maju seperti di Belanda, Belgia, Jepang, itu sudah mendominasi. Jadi, era kota modern itu sebenarnya kembali ke alam yang ramah lingkungan.

“Jadi, di sini kami mengajak masyarakat untuk beralih kepada lingkungan sesuai dengan salah satu visi misi kita adalah mematikan mesin kembali berolahraga dengan sepeda yang ramah lingkungan. Setelah gowes melakukan aksi bersih-bersih memungut sampah bersama warga sekitar,” ucapnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.