Kampoeng Koneng, Destinasi Kuliner Cita Rasa Indonesia Sekaligus Wisata Budaya

0 89

Heibogor.com – Kawasan Sentul, Kabupaten Bogor tak hanya menyajikan beragam pilihan entertaint maupun properti semata. Namun juga ada surga kuliner yang siap memanjakan mata tapi juga sangat pas untuk menikmati santapan khas nusantara sambil menikmati wisata edukasi nan sarat budaya.

Adalah Kampoeng Koneng. Resto keluarga yang menyajikan beragam menu makanan khas Sunda dan sajian cita rasa Indonesia yang kental dengan tradisi budaya. Hal ini bisa terasa mulai dari aneka menu makanan bahkan ke desain interior maupun eksterior resto yang berlokasi di Jalan Tapos RT03/04, Sentul Selatan, Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor itu. Menurut pemilik Resto Kampoeng Koneng, R. Uthe Taufik Nasution, Kampoeng Koneng sendiri pun mengacu pada konsep yang berlokasi di wilayah Bojong Koneng Sentul.

Kampoeng Koneng Sentul berlokasi di Jalan Tapos RT03/04, Sentul Selatan, Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor

“Berdiri sejak tahun 2012 kami buat seperti ini karena bukti kecintaan terhadap Indonesia yang memiliki ragam budaya dan rasa. Terlebih, kuliner kami kuat dengan aneka rempah dan memiliki perbedaan dengan yang lain seperti nasi liwet yang kuat akan rasa rempah dan diolah dengan proses ala masakan Sunda,” tuturnya kepada heibogor.com, Senin (30/05/22).

Berdiri di lahan seluas 2.300 meter persegi, Kampoeng Koneng juga menyajikan menu makanan nusantara mulai dari Palembang, Medan, Betawi, Cirebon, dan juga punya menu khas seperti menu Dudurukan yang pas dinikmati bersama anggota keluarga ataupun Sate Tulang yang menggunakan tulang dekat dengan daging dijamin rasanya sangat lezat dan bikin ketagihan. “Soal harga jangan khawatir mulai dari Rp40 ribu hingga Rp150 ribu dengan kapasitas tamu sebanyak 400 orang jadi di sini bisa buat santai bersama keluarga tercinta,” ucap Uthe.

Nasi liwet  dan aneka masakan khas Sunda Kampoeng Koneng yang menggugah selera pengunjung yang datang.

Tak hanya dimanjakan dengan banyaknya menu makanan, di Kampoeng Koneng Sentul juga tamu yang datang di akhir pekan bisa memanfaatkan program Pelatihan Tembikar, Melukis, hingga Cooking Class Masakan Tradisional. “Ini yang membedakan kami dengan resto yang lain karena kami ingin budaya nusantara tetap lestari meski kini zaman semakin modern,” tambahnya.  Memiliki banyak fasilitas, Kampoeng Koneng yang juga memiliki konsep outdoor ini juga menerima acara mulai dari arisan, lamaran, prewedding bahkan private wedding. Uthe ingat betul saat pandemi Covid-19 yang memukul sentra perekonomian segala lini, ia pun merasakan namun dia diuntungkan dengan memiliki konsep luar ruangan sehingga tamu masih bisa menggunakan jasa resto yang berawal hanya memiliki tiga pegawai dan kini sudah berjumlah 50 orang itu.

“Saat pandemi Kampung Koneng dicari oleh pasangan yang memilih acara  tunangan, lamaran hingga pernikahan dengan paket dari Rp150 ribu per orang dan selepas pandemi pengunjung kami tetap ramai pada Senin hingga Jumat dengan rata-rata 100 orang dan Sabtu-Minggu pengunjung naik sampai 400 persen,” tutur Uthe. Resto yang beroperasi mulai pukul 09:00 hingga 17:00 WIB pada Senin-Jumat dan pukul 09:00 sampai 21:00 WIB pada akhir pekan siap melayani pengunjung yang datang dengan segenap hati.

Bahkan, melihat begitu antusiasnya animo pengunjung dalam waktu dekat Kampoeng Koneng pun akan membuka cabang keduanya di wilayah Tamansari, Ciapus, Kabupaten Bogor pada Minggu (05/06/22) depan. Berada di area seluas 1 hektare, Kampoeng Koneng Ciapus sendiri memiliki konsep family restaurant baik indoor dan outdoor yang memiliki kapasitas tempat dan program bermain untuk anak-anak yang lebih luas dan lebih nyaman.

Kampoeng Koneng Sentul resto keluarga yang menyajikan beragam menu makanan khas Sunda dan sajian cita rasa Indonesia yang kental dengan tradisi budaya.

“Yang beda di Kampung Koneng Ciapus kami hadirkan menu spesial yakni Bubur Kampiun dan Pepes Ikan Bambu. Rasanya?tentu saja dijamin enak karena dimasak oleh tenaga profesional yang berpengalaman,” tukasnya. Tak hanya itu di Kampoeng Koneng Ciapus juga dilangkapi dengan kebun binatang mini jadi anak-anak bisa berwisata sambil mendapatkan pengalaman baru. “Perlu diingat nih, pembukaan pada Minggu nanti di Ciapus akan ada program menarik mulai tanggal 6 Juni hingga seminggu berikutnya yakni diskon sebesar 50 persen, menarik bukan,” ucap Uthe berpromosi.

Selanjutnya, sambung Uthe, akan ada diskon sebesar 40 persen pada minggu kedua, kemudian pada minggu ketiga 30 persen dan inggu keempat sebesar 10 persen. Jadi, jangan lewatkan untuk menikmati sajian menu khas Sunda dan nusantara ala Kampoeng Koneng yang menggugah selera.

Nasi liwet yang kuat akan rasa rempah dan diolah dengan proses ala masakan Sunda

Sama seperti di Sentul, Kampoeng Koneng Ciapus juga setiap akhir pekan menghadirkan program Membatik, Pelatihan Tembikar, Melukis, dan Cooking Class Masakan Tradisional. Menariknya, di Kampoeng Koneng Ciapus terdapat program tambahan seperti Tracking ke desa, curug, menanam hidroponik, peternakan dan diakhiri makan dengan paket Rp150 ribu per orang dengan 3 sampai 4 destinasi dengan kapasitas satu grup minimal 5 orang dan ada juga untuk anak berkebutuhan khusus yang dilengkapi dengan instruktur yang berpengalaman dan aman.

Dengan pembukaan resto cabang keduanya itu, Uthe berharap dapat memberikan kesempatan peluang tenaga kerja sekaligus bermanfaat bagi masyarakat sekitar. “Lapangan pekerjaan bisa terbuka, terbukti banyaknya pendaftar saat dibuka. Di sana juga ada booth untuk UMKM seperti kaya tanaman, sandal dan sepatu,” tutupnya. (rhm)

Kampoeng Koneng

Jalan Tapos RT03/04, Sentul Selatan, Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor

Jam Operasional

Senin-Jumat : 09:00-17:00 WIB

Sabtu-Minggu: 09:00-21:00 WIB

www.kampoengkoneng.com

Ig: @kampoengkoneng

 

 

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.