Gedung Wakil Rakyat Gempar Ditemukan ‘Ancaman’ Tas Bom Waktu

0 41

Heibogor.com – Penghuni gedung DPRD Kota Bogor digemparkan dengan adanya penemuan sebuah tas yang diduga bom waktu yang diletakkan oleh orang tak dikenal di lobi utama DPRD Kota Bogor, Jalan Pemuda, Tanah Sareal, Kota Bogor pada Rabu (25/5/22) siang.

Tak lama setelah mendapat informasi tersebut Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) dari Batalyon Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) datang dengan seragam dan peralatan khusus penanganan bom dan dengan cepat mengamankan ancaman teror bom tersebut.

Mayor Korps Zeni (CZI) Benny Faisal mengatakan, penanganan pada sesuatu yang diduga bom tersebut adalah sebuah simulasi latihan pendidikan perwira Jihandak untuk mengantisipasi ancaman bahan peledak atau bom. Kegiatan tersebut merupakan aplikasi dari pembelajaran perwira di Pusdikzi.

Ia menjelaskan, untuk jenis bom yang digunakan dalam latihan ini adalah bom waktu yang bahan-bahannya dibuat dari pipa PVC atau paralon yang diberi timer. Sedangkan durasi waktu dan jenisnya, petugas jihandak bisa mendapatkan informasi dengan alat scantrack. Jika bom waktu otomatis mau itu satu menit atau satu jam bom itu akan meledak, petugas harus segera melakukan penjinakan dengan cepat dan sesuai prosedur.

“Ada dua penanganan yang dilakukan jika ada ancaman bom yakni preventif dan represif. Simulasi ini menggunakan penanganan represif karena sudah ada bomnya. Setelah paket bom ditemukan dan dievakuasi ke tempat yang aman, anggota akan melakukan tindakan disposal (peledakan) yang selanjutnya akan mengindentifikasi lanjutan untuk mengetahui isi dalam bom serta pembuatnya,” jelasnya.

Benny melanjutkan, dalam latihan simulasi ini, pihaknya menurunkan 20 siswa pendidikan perwira jihandak dari seluruh Indonesia. Ada dari Aceh, Kalimantan, Papua. Pihaknya pun berterimakasih kepada pihak DPRD Kota Bogor karena diizinkan praktek latihan di sini.

“Kota Bogor kami kategorikan zona abu-abu. Karena itu, kami melakukan simulasi tindakan pengamanan ancaman bom sebagai latihan bagi perwira jihandak yang telah mengeyam pendidikan di Pusdikzi. Kami berterima kasih kepada pihak DPRD Kota Bogor yang telah memfasilitasi latihan ini,” ucap Benny Faisal.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.