MoM Academy Wadahnya Para Ibu Saling Produktif Sekaligus Ciptakan Ide Kreatif

0 132

Heibogor.com – Bagi seorang perempuan, khususnya seorang ibu, memiliki peran multitasking dalam sebuah keluarga terutama di masa pandemi memang menjadi tantangan tersendiri. Bahkan didorong untuk dapat melahirkan bisnis kreatif agar perekonomian keluarga tetap berjalan.

Kini, stigma seorang ibu harus di rumah saja tanpa bisa mengembangkan diri semakin bergeser menjadi bisa tetap produktif dan bermanfaat bagi hidupnya dan orang lain. Peran perempuan dalam segala lini sektor pun terus didorong. Hal ini pun didukung oleh Mothers on Mission (MoM) Academy yang didirikan oleh Widya Safitri, sebuah komunitas yang hadir memberikan lingkungan kondusif dan mendukung bagi para ibu yang ingin terus bisa produktif dan mencapai aspirasi serta impiannya tanpa meninggalkan rutinitasnya dalam mengurus rumah tangga.

Belum lama ini, MoM Academy Regional Bogor memperingati Hari Kartini yang juga silahturahmi antar pengurus sekaligus buka puasa bersama (Bukber) di Amaris Pajajaran, Kamis (21/04/22). Ketua Panitia Bukber MoM Academy Regional Bogor, Miftahul Muflihah menuturkan, meski menjalankan peran sebagai istri dan ibu perempuan secara tidak langsung memberikan semua ibu tantangan dan kekuatan untuk bisa membagi waktu dan skala prioritas dalam sehari-hari.

“Menurut saya, menjadi ibu yang siap untuk berdaya dan berkembang, memang harus punya skill manajemen yang baik serta support system dari pasangan yaitu suami. Peran suami sangat dibutuhkan supaya ibu tetap berdaya, seperti memberikan support secara tenaga seperti berbagi tugas di rumah, dan dalam hal psikis seperti memberikan afirmasi positif dan mempercayai kemampuan istri. Jadi kunci utama ibu produktif adalah skill manajemen dan dukungan suami,” ucapnya kepada heibogor.com, belum lama ini.

Menurutnya banyak hal positif yang didapatkan dari mengikuti komunitas MoM Academy adalah langkah awal untuk menjadi ibu yang berdaya, karena di dalamnya banyak sekali ibu dengan berbagai macam latar belakang, profesi dan kemampuan. Bahkan, sambungnya, mereka bisa saling berbagi ilmu sekaligus pengalaman sesama anggota, mulai dari mulai hal-hal tentang parenting, rumah tangga, bahkan sampai bisnis.

Mothers on Mission (MoM) Academy, sebuah komunitas yang hadir memberikan lingkungan kondusif dan mendukung bagi para ibu yang ingin terus bisa produktif dan mencapai aspirasi serta impiannya tanpa meninggalkan rutinitasnya dalam mengurus rumah tangga. Foto dokumen

Bahkan menurutnya, komunitas MoM Academy dapat membawa dampak yang positif dalam pemikirannya, di mana sesuai mottonya Ibu harus berdaya, bahagia, produktif dan sejahtera, sehingga membuatnya memiliki pemikiran dan bahkan ambisi untuk kembali menyusun cita-cita yang sempat tertunda disaat awal-awal transisi menjadi istri dan ibu.

“Dan pastinya memperluas relasi dan pertemanan dengan chemistry yang sama. Dari MoM Academy sendiri, mereka menciptakan wadah dan memberikan ilmu-ilmu baru, mulai dari yang berkaitan dengan rumah tangga sampai memberikan pengembangan skill untuk anggotanya, memberikan kesempatan untuk menjadi momfreelancer, memperkenalkan usaha ataupun bisnis masing-masing member dan memberikan kesempatan member untuk berkarya, seperti di acara Bukber Kartini Masa Kini kemarin,” tutur Miftahul.

Saat ditanya hal apa saja yang sudah tercapai menjadi anggota MoM Academy, Miftahul menjelaskan jika secara pribadi, dirinya menjadi lebih merasa bahagia menjalani peran sebagai seorang ibu dan istri. “Alhamdulillah, saya sudah merasakan menjadi pengurus Regional Bogor mengelola WAG (WhatsApp Group) Regional Bogor dan mendapatkan beberapa project yang sesuai dengan kemampuan saya,” jelasnya.

Dia pun mengatakan, saat ini untuk MoM Academy Regional Bogor sudah terdapat 350 orang anggota dengan berbagai macam profesi mulai dari ibu rumah tangga, Freelancer, Working Mom dan Entepreneur. Bahkan, sambungnya, saat ini goals yang ingin dicapai pengurus Bogor adalah bisa membuat event-event yang berkesan untuk anggota sehingga lebih kompak lagi dan loyal terhadap MoM Academy.

Dia juga mengatakan tujuan Bukber MoM Academy Regional Bogor yang juga memperingati Hari Kartini tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi sesama anggota secara langsung, setelah masa pandemi tidak bisa mengadakan acara dan ingin menyelenggarakannya di Hari Kartini karena hari tersebut adalah hari emansipasi wanita, di mana kaum wanita di tanah air memiliki kebebasan untuk berpendapat, kesetaraan dalam pekerjaan, pendidikan, status sosial dan dalam kehidupan bernegara.

“MoM Academy adalah salah satu contoh komunitas yang meneruskan perjuangan RA Kartini dalam memberdayakan wanita,” paparnya. Dia pun mengajak bagi para ibu yang ingin bergabung MoM Academy Regional Bogor selalu terbuka lebar untuk siapapun. Untuk diketahui semua regional MoM Academy berpusat di daerah Jakarta Selatan. Untuk info selengkapnya bisa langsung ikuti Instagram @momacademy.id. (rhm)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.