Rombongan JKW PWI Akhiri Perjalanan Jelajah Indonesia di Kota Bogor, Kagumi Eksotisme Wisata Mulyaharja

0 107

Heibogor.com -Rombongan Jelajah Kebangsaan Wartawan (JKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tiba di Balai Kota Bogor, Selasa (29/3/22). Mereka tiba setelah menjelajah ke 32 provinsi se-Indonesia. Rombongan JKW Tahun 2021 – 2022 ini diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim. Dedie mengaku bangga dan tersanjung, Kota Bogor dipilih menjadi salah satu destinasi dari perjalanan JKW. Hal ini juga menjadi atensi khusus bagi PWI Kota Bogor untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi siapapun.

“Jadi mudah-mudahan kita selalu berharap tentu dengan adanya pengalaman yang cukup panjang, bisa dikomunikasikan dengan baik. Biar nanti bisa kita pelajari apa yang teman-teman JKW temukan dan mudah-mudahan menginspirasi kita,” ungkap Dedie. Di tempat yang sama, Bendahara Umum PWI Pusat, Edy Yoga mengatakan tujuan JKW ini adalah untuk melihat lebih dekat akan keberagaman Indonesia. Dengan adanya tim jelajah kebangsaan ini, mengajarkan bahwa ada semangat pantang menyerah di tengah keterbatasan situasi yang ada saat ini.

“Wartawan tugasnya bukan hanya mencari berita atau menunggu berita, tetapi melihat secara langsung Indonesia dari berbagai sudut,” jelas Edy. Edy berpesan, dengan berbagai keberagaman yang ada, hal itu bisa terus dirawat. Prinsip Bhinneka Tunggal Ika, rasa persaudaraan antar sesama menjadi tujuan utama JKW ini diselenggarakan. “Hal itu yang dirasakan oleh tim jelajah kebangsaan wartawan. Di mana mereka disambut dengan tangan terbuka, oleh saudara-saudara kita di berbagai provinsi, di berbagai pulau sampai yang terluar,” tambah Edy.

Setelah banyak berbincang di ruang Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, tim JKW langsung dilepas lagi oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim ke Kelurahan Mulyaharja. Di sana, tim diajak untuk kembali mengeksplor keindahan Indonesia lewat Kota Bogor.

Kunjungi Kampung Tematik Mulyaharja

Kedatangan Tim Jelajah Kebangsaan Wartawan (JKW) di Kota Bogor, dimanfaatkan untuk mengajak Tim JKW mengunjungi salah satu lokasi wisata di Kota Bogor yakni Kampung Tematik Mulyaharja, di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Puluhan kendaraan roda dua dari PWI Pusat maupun PWI Kota Bogor serta dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, mengiringi perjalanan Tim JKW ke Mulyaharja yang dilepas secara langsung oleh Wakil Wali Kota Dedie A Rachim dan Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti.

Konvoi bersama dilakukan dari Balai Kota Bogor menuju Kampung Tematik Mulyaharja dengan pengawalan dari pihak Satlantas Polresta Bogor Kota, Dishub dan Polmas Kota Bogor. Sepanjang perjalanan, Tim JKW disuguhkan keindahan panorama alam yang berada di bagian selatan Kota Hujan. Kedatangan Tim JKW di Kampung Tematik Mulyaharja disambut hangat oleh pihak Disparbud, Kominfo dan Muspika Bogor Selatan, Lurah Mulyaharja berikut Kompepar serta warga setempat.

Keindahan alam eksotis di Kampung Tematik Mulyaharja memberikan kesan tersendiri bagi Tim JKW yang sudah melewati 32 Provinsi diseluruh Indonesia dengan jarak tempuh melebihi 17.000 Kilometer ini. Dengan ruang terbuka hijau ditengah-tengah pesawahan, sangat memukau sehingga membuat betah seluruh peserta konvoi. Ditambah kedatangan Tim JKW disambut dengan lantunan lagu-lagu Sunda yang membuat serasa berada di pedesaan. Tidak lupa, makanan tradisional serta minuman khas Mulyaharja seperti Wedang Jahe dan Bajigur, menjadi suguhan favorit sesampainya di bangunan pendopo yang berada di atas pesawahan. Tim JKW dan rombongan konvoi juga menikmati makanan nasi liwet yang dikenal memiliki cita rasa khas Sunda dari Kampung Tematik Mulyaharja.

Empat bikers Tim JKW pun memberikan kesan-kesan nya tentang eksotisme keindahan Kampung Tematik Mulyaharja. Menurut Aji Tunang Pratama, Kampung Tematik Mulyaharja merupakan tempat wisata bagus dan indah. Ia pun bersyukur atas sambutan dari PWI Kota Bogor yang sangat meriah dan antusias, termasuk dari pihak Pemkot Bogor.

“Kami sangat bersyukur PWI Kota Bogor menerima Tim JKW dengan sangat meriah dan antusias. Apalagi kami diajak ke tempat wisata di Mulyaharja. Tempat wisatanya bagus, penerimaan disana warganya ramah ramah dan terpenting adalah makanan-makanan yang disajikan sangat enak. Jadi wajib bagi para wisatawan kalau ke Kota Bogor untuk mengunjungi ke Mulyaharja,” katanya.

Senada, motoris Tim JKW wanita, Yanni Krishnayanni menilai Kampung Tematik Mulyaharja memiliki suasana maupun panorama alam yang sangat bagus. Jadi kalau di Jawa Timur itu ada lokasi wisata seperti di Mulyaharja ini, untuk pembelajaran anak sekolah. Jadi pada saat menanam padi, anak-anak sekolah dasar itu diajari dari mulai membajak sawah hingga penanaman, bahkan ketika panen juga diajarkan ke mereka.

“Tempat wisata di Kota Bogor ini sangat bagus, hanya saja jalur akses menuju ke lokasi wisata itu harus dibenahi. Akses jalan terlalu sempit dan pihak Pemkot Bogor harus mencari solusi alternatif untuk akses jalan itu. Karena kasian banyak pengunjung wisata dari luar Kota Bogor, kalau akses jalan nya masih seperti itu,” ungkapnya.

Kesan dan pesan juga dikatakan Sonny Wibisono, salah satu Tim JKW asal dari Kota Bogor ini. Sonny menyampaikan kekagumannya dengan keberadaan Kampung Tematik Mulyaharja. Sebuah tempat wisata dengan ruang terbuka hijau yang masih tersedia walaupun berada di Kota Bogor. Ini sebuah prospek bagus bagi Kota Bogor, di tengah hiruk pikuk dan bangunan tinggi, ternyata masih ada ruang terbuka hijau seperti ini. Ia pun menyarankan agar lebih gencar dilakukan promosi-promosi, termasuk membenahi kekurangannya seperti soal akses jalan dan area parkir kendaraan.

“Semoga Kampung Tematik Mulyaharja ini dipertahankan dan dikembangkan lagi. Pembenahan harus dilakukan seperti soal akses jalan menuju ke lokasi wisata dan area lahan parkir kendaraannya. Bangga juga di Kota Bogor ada tempat wisata ini,” ujarnya. Sementara, Indrawan Ibonk menyampaikan, Kota Bogor sebuah daerah yang banyak memiliki potensi wisata. Apalagi infrastuktur di tengah pusat kota nya sudah mengalami banyak perubahan dan perkembangan.

“Kita lihat tadi infrastuktur di pusat kota Bogor nya sudah sangat bagus, walaupun masih banyak harus dilakukan pembenahan seperti akses jalan menuju lokasi wisata di Mulyaharja tadi. Obyek wisata yang ada di Kota Bogor inipun sudah layak untuk di promosikan secara nasional,” tutupnya. Lurah Mulyaharja, Indra Permana mengaku senang atas kedatangan PWI beserta Tim JKW. “Kami berharap, teman-teman wartawan dari PWI ini ikut membantu mempromosikan tempat wisata ini. Kebetulan di bulan Ramadan nanti, kami juga disini menyediakan paket untuk Buka Puasa (Bukber), dengan berbagai menu makanan dan suguhan keindahan lampu warna warni di seluruh area Kampung Tematik Mulyaharja ini,” tuturnya. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.