Mobil Klinik Keliling DKPP Jangkau Seluruh Kelurahan Siap Jemput Bola Kesehatan Hewan Ternak hingga Peliharaan

0 102

Heibogor.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, melaunching peluncuran layanan mobil keliling kesehatan untuk hewan peternakan, hewan liar, dan hewan peliharaan.

Peluncuran mobil klinik hewan keliling di launching langsung oleh Ketua PKK Kota Bogor, Yane Ardian yang didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Anas S Rasmana dan Kabid Peternakan drh Anizar di halaman Kelurahan Katulampa Jalan Raya R3 Parung Banteng, Kota Bogor, Rabu (9/3/22).

Kabid Peternakan pada DKPP) Kota Bogor, drh. Anizar menjelaskan, mobil klinik keliling ini akan menjangkau seluruh kelurahan di enam kecamatan Kota Bogor. Mobil ini melayani pemberian pengobatan, vaksinasi dan edukasi untuk hewan.

“Sementara mobil ini kita jadwalkan keliling ke setiap kecamatan dua sampai tiga kali dalam seminggu karena keterbatasan unit mobil dan keterbatasan medik serta paramedik. Tujuannya kita ingin mendekatkan ke masyarakat. Kita jemput bola ke kelurahan dan ke sentra-sentra peternakan,” jelas drh. Anizar.

Sementara, dalam sambutannya, Ketua PKK Kota Bogor, Yane Ardian menyampaikan, peluncuran layanan mobil keliling kesehatan untuk hewan ini adalah salah satu peran dokter hewan yang menjamin kesehatan manusia diawali dengan menjaga kesehatan hewan.

Peluncuran mobil klinik hewan keliling di launching langsung oleh Ketua PKK Kota Bogor, Yane Ardian yang didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Anas S Rasmana dan Kabid Peternakan drh Anizar di halaman Kelurahan Katulampa Jalan Raya R3 Parung Banteng, Kota Bogor, Rabu (9/3/22). Andi/heibogor.com

“Ini banyak yang belum tahu ya. Kita tahunya ayam tinggal potong, masak. Begitu juga kambing dan sapi. Tapi untuk menjaga kesehatan manusia itu diawali dengan menjaga kesehatan binatang-binatang peliharaannya. Jadi, jangan sampai hewan ternak itu sakit,” kata istri Wali Kota Bogor ini. Sehingga, lanjut Yane, di Kota Bogor ini ada peternakan-peternakan yang memiliki penyakit binatang seperti rabies, antraks, flu burung dan sebagainya.

“Kita ketahui bersama juga di masa pandemi ini banyak masyarakat yang hobi memelihara binatang dan hewan peliharaan. Nah, saya berharap dengan adanya layanan mobil keliling kesehatan untuk hewan ini, harapannya semua masyarakat terlayani. Ini tugas dinas beserta pemerintah yakni melayani masyarakat,” tukasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.