Gong Pancasan; Bisnis Sekaligus Melestarikan Seni Tradisional

0 258

Heibogor.com – Malam penghargaan yang digelar malam tadi (Sabtu, 21/06/14) di Gedung Kemuning Gading, Bogor Tengah, Kota Bogor turut dihadiri para insan pelestari seni budaya tradisional dan Jajaran Pemerintah Kota Bogor.

Selain para budayawan dan seniman Kota Bogor, nampak hadir pula Usmar Hariman, Wakil Wali Kota Bogor didampingi oleh Sekertaris Daerah Kota (Sekda) Kota Bogor Ade Syarif Hidayat.

Acara yang berlangsung meriah ini memberikan penghargaan kepada para seniman maupun instansi yang ikut serta dalam pelestarian seni budaya tradisional.

Salah satu peraih penghargaan, H. Sukarna dari Gong Pancasan berhasil menyabet Anugerah Layang pakuan Satya Budaya. Pria penerus usaha Gong Pancasan ini mengatakan, rasa bangganya karena berhasil meraih penghargaan.

”Saya senang dan bangga atas penghargaan yang diberikan Pemerintah Kota Bogor, penghargaan ini juga saya dapatkan dari tingkat Provinsi Jawa Barat,” ungkapnya saat ditemui heibogor.com, Sabtu (21/06/14).

H. Sukarna adalah generasi ke-enam dari usaha turun temurun Gong Pancasan yang telah berdiri sejak 230 tahun lalu.  Menurutnya, usaha keluarganya bukanlah sekedar bisnis semata, namun juga menjaga dan melestarikan cagar budaya bangsa.

”Bagi saya dan keluarga ini bukan hanya sekedar bisnis saja, namun juga sebagai usaha untuk menjaga serta melestrikan cagar budaya tradisional Indonesia,” tegasnya.

Usaha Gong Pancasan biasa memproduksi pesanan gong atau seperangkat gamelan, hasil produksi dari Gong Pancasan bukan hanya dipasarkan di Indonesia saja, tapi juga sudah merambah hingga kancah Internasional. (Reza/RP)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.