Olah Sampah Rumah Tangga Jadi Nilai Ekonomis Saeful Raih Penghargaan Operator Terbaik TPST-3R Katulampa

Beragam Manfaat dan Wujud Nyata Dedikasi

0 154

Heibogor.com – Ketua Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST-3R) Perumahan Mutiara Bogor Raya-Graha Padjajaran,  Bandung Sahari memberikan penghargaan kepada operator terbaiknya sebagai bentuk dedikasi selama menjalankan program yang memberikan beragam manfaat bagi warga tersebut.

Adalah Syaeful, pemuda berusia 27 tahun dari Kampung Katulampa Segok yang bekerja sebagai petugas operator sampah TPST menjadi pemenang sebagai Operator of The Year. Penghargaan operator terbaik sebagai salah satu upaya untuk memberikan apresiasi atas dedikasinya selama ini kepada masyarakat.

“Ini merupakan suatu hal yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan tentunya kami bangga keberadaan TPST 3R memberikan dedikasi nyata selama beroperasi,” ucap Bandung Sahari usai memberikan penghargaan di Perumahan Mutiara Bogor Raya-Graha Padjajaran, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Kamis (20/01/22) kemarin.

Bandung menambahkan, untuk peraih operator terbaik adalah memiliki kriteria utama di antaranya kedisiplinan, ketekunan, dan keseriusan bekerja agar sampah rumah tangga dapat dikelola dan diproses lebih lanjut untuk dimanfaatkan kembali. Seluruh proses meliputi pengumpulan sampah dari rumah ke rumah dan pemilahan di lokasi TPST yang menghasilkan sampah bernilai ekonomi (non organik), serta sampah organik yang diproses lebih lanjut sebagai pakan maggot.

Pengurus Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST-3R) Perumahan Mutiara Bogor Raya-Graha Padjajaran memberikan apresiasi sebagai bentuk salah satu simbol ucapan terimakasih dari pengurus TPST kepada para operator.

Untuk sampah residu yang dihasilkan, kata dia, adalah sampah baik organik maupun non organik yang tidak bisa diolah lebih lanjut seperti popok dan pembalut. “Keseluruhan proses ini memerlukan ketekunan, ketelitian, dan kerja keras,” katanya.

Sehingga penghargaan tersebut, sambungnya, bagi para operator yang menjalankan hal tersebut, dianggap telah berjasa dalam membantu proses pengelolaan sampah agar lingkungan Perumahan Mutiara Bogor Raya-Graha Padjajaran menjadi bersih dan sampah rumah tangga juga dapat teratasi.

“Selain sebagai bentuk apresiasi program ini merupakan salah satu simbol ucapan terimakasih dari pengurus TPST kepada para operator,” tambahnya. Saat ini, TPST-3R mempekerjakan 12 orang yang berasal dari sekitar komplek.  Mereka bukan saja bekerja, tetapi mereka juga mendapatkan pelatihan secara berkelanjutan dari Pengurus TPST-3R mengenai penanganan sampah hingga budidaya maggot.

TPST-3R sebagai salah satu yang terbaik di kota Bogor, bekerja bukan saja membantu dalam pengelolaan sampah rumah tangga lebih dari 900 keluarga, tetapi juga memberdayakan masyarakat sekitar sebagai petugas operator TPST.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.