Orangtua Tak Perlu Panik, Perhatikan Kondisi Sebelum dan Sesudah Anak Disuntik Vaksin Covid-19

0 137

Heibogor.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor mensosialisasikan sekaligus mengoptimalkan program vaksinasi Covid-19 yang kini juga menyasar kelompok anak usia 6-11 tahun yang menggunakan vaksin Covid-19 berjenis Sinovac.

“Kami imbau para orangtua untuk mempersiapkan sejumlah hal untuk memastikan anak-anak dalam kondisi sehat dan bugar baik sebelum dan sesudah vaksinasi sebagai salah satu perlindungan dari Covid-19, termasuk pada anak-anak yang rentan terinfeksi virus corona,” ucap Kadinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno, Senin (20/12/21).

Vaksin membantu tubuh melawan Covid-19 tetapi protokol kesehatan tidak boleh kendor. Ini penting dilakukan agar anak tetap sehat dan bisa mendapat manfaat yang sesuai dari vaksin tersebut. Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Bogor itu menuturkan, pentingnya para orangtua perlu memastikan kualitas tidur anak. Anak butuh tidur cukup sebelum melakukan vaksinasi. “Durasi tidur yang cukup bisa membuat tubuh tetap fit agar setelah disuntik vaksin bekerja optimal di tubuh,” tuturnya.

Retno menyarankan agar orangtua pun turut mengedukasi anak seputar vaksinasi Covid-19 sehingga anak-anak mendapatkan pengetahuan mengenai manfaat vaksin. Terutama, kata dia jika ada anak yang ketakutan dengan jarum suntik. “Orangtua memberikan pengetahuan dan pemahaman jika disuntik di bagian lengan sehingga anak tidak kaget maupun takut,” saran dia.

Kemudian, sambungnya, saat hari vaksinasi pastikan kembali kondisi anak dalam kondisi sehat. Jika sedang demam sebaiknya segera menunda vaksinasi. Dengan demikian, jika sudah mendapatkan suntik vaksin, anak tetap bisa beraktivitas setelah vaksin, dengan catatan kondisinya memang sehat. Dalam uji klinis vaksin terhadap anak, efek samping vaksinasi paling umum ringan hingga sedang saja. Efek samping ringan hanya berupa nyeri di area suntikan.

Jika terjadi demam, lanjut Retno, orang tua tidak perlu khawatir. Justru ini merupakan mekanisme tubuh anak yang sehat. “Tubuh membentuk respons antibodi salah satunya demam dan  itu bukan hal yang berbahaya,” ucapnya. Namun jika terjadi efek samping lain, segera hubungi layanan kesehatan terdekat atau kontak darurat yang tertera di kartu vaksin maupun petugas kesehatan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.