Dinkes Ajak Masyarakat Masifkan PHBS dan GERMAS Ciptakan Gaya Hidup Sehat dan Berkualitas

0 69

Heibogor.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor masifkan  Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) sebagai gaya hidup guna terciptanya masyarakat yang sehat dan berkualitas.

“Kita ingin masyarakat menjadi sehat dan mandiri. Menyadarkan mereka pentingnya PHBS dan mengimplementasikan perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Kepala Dinkes Kota Bogor, dr. Sri Nowo Retno saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (25/11/21).

Menurut Retno, PHBS sangat penting dapat mencegah penyakit menular maupun tidak menular. Sebagai contoh, dengan rajin mencuci tangan saja, 70 persen bisa mencegah penyebaran Covid-19, tipoid (tipes) dan diare. Rajin makan sayur dan buah dapat mengurangi resiko penyakit kanker, jantung, stroke, dan tidak menular lainnya..

Retno menambahkan, masih ada masyarakat yang abai dan menganggap cuci tangan ini bukan merupakan suatu yang penting. “Padahal gerakan ini merupakan hal dasar yang harus menjadi kebiasaan setiap individu. Karena telapak tangan ini merupakan sumber virus, sumber bakteri. Jadi jangankan untuk melawan Covid-19, dalam kehidupan sehari-hari pun cuci tangan ini menjadi kegiatan yang harus dilakukan kesadaran sendiri,” terang Retno.

Dalam masa pandemi ini, kata Retno, cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan dengan air mengalir ini menjadi cara efektif dan terjangkau dalam upaya mencegah Covid-19 masuk rumah. Dengan GERMAS, sambung Retno, mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.

Selain itu sebagai upaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sehingga tercipta masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional.

“Mari berperilaku hidup bersih dan sehat, selalu mengkonsumsi makanan yang sehat teratur, sayur dan buah, serta senantiasa berolah raga atau melakukan aktivitas fisik, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, tidak merokok dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” imbuhnya.

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.