Atur Gizi Seimbang Jaga Imunitas Selama Pandemi dengan Isi Piringku

0 72

Heibogor.com – Menjalani hidup sehat berimbang empat sehat lima sempurna selama pandemi Covid-19 memang harus mempertimbangkan banyak hal. Terlebih masalah kesehatan menjadi aspek utama dalam menjaga imunitas tubuh melawan virus Corona.

Aturan makan gizi seimbang bisa diwujudkan dengan konsep Isi Piringku untuk memastikan asupan gizi terjaga selama pandemi. Kepala Seksi Pembinaan dan Pelayanan Gizi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, dr. Deasy Triwahyuni menjelaskan, isi piringku berisi makanan bergizi yang memenuhi zat gizi makro dan mikro. “Zat gizi makro adalah karbohidrat, kemudian protein, dan lemak. Karbohidrat didapatkan dari sumber makanan pokok, ada beras, singkong dan jagung,” ujarnya, melalui percakapan pesan, Rabu (24/11/21).

Kemudian, dia melanjutkan, gizi protein juga terpenuhi. Adapun sumber protein macam-macam, bisa dari makanan tahu atau tempe, kemudian zat pengatur vitamin dan mineral, serta sumber seratnya didapatkan dari sayuran. Ia menambahkan, dalam isi piringku lebih bisa dibagi komposisinya yaitu nasi sebesar 20 persen, lauk 20 persen. Lalu sisanya diisi sayur dan buah.

dr.Deasy juga menyarankan terlalu sering rebahan juga membuat tubuh mengalami pertambahan berat badan yang signifikan. Kebanyakan rebahan juga akan meningkatkan kadar gula dan risiko diabetes semakin besar. Terlebih lagi bila rebahan dilakukan sambil ngemil atau mengkonsumsi makanan manis dan mengandung gula.  “Lakukan aktivitas fisik selama 20 menit seperti berjalan kaki keliling rumah, melakukan gerakan atau melakukan peregangan sederhana setiap hari,” tukasnya.

dr.Deasy menyebutkan, ada sebagian orang menderita gagal ginjal dan jika konsumsi makanan tinggi protein bisa memperparah penyakitnya.”Karena ada makanan supaya terserap tubuh butuh zat gizi yang lain, contohnya zat besi yang bisa terserap kalau asupan vitamin C yang cukup,” sebutnya.

Karena itu, dia melanjutkan, isi piringku harus berisi bahan makanan yang sumber gizinya sangat beragam.
“Tubuh kita butuh meningkatkan imunitas, tetapi tidak hanya dari makanan dengan menambah protein, lemak bahkan vitamin A, vitamin B, serta vitamin E,” ujarnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.