Komunitas Sepeda Kampanye Keselamatan Gowes di Jalan Raya

0 170

Heibogor.com – Bike to Work (B2W) Bogor dan Komunitas Sepeda Lipat Bogor menggalang aksi peduli korban kecelakaan yang menimpa seorang pegiat B2W di Karawang dan pesepeda lainnya di jalan raya yang diselenggarakan di area Tugu Kujang, Minggu (21/11/21)

Hal ini sesuai data kecelakaan yang menimpa pengguna sepeda di jalan raya selalu naik. Dalam catatan Bike to Work (B2W) Indonesia, sepanjang 2021 terjadi 35 kecelakaan dengan korban meninggal sebanyak 15 orang. Tahun-tahun sebelumnya antara 2017-2020 jumlah yang meninggal karena ditabrak kendaraan bermotor tercatat mencapai 88 orang.

Peringatan sekaligus imbauan keselamatan bersepeda dan edukasi. Acara dimulai dengan berdoa bersama dilanjutkan kampanye keselamatan bersepeda dan gowes bersama keliling Kebun Raya Bogor. Ketua B2W Bogor, Roni Wang mengungkapkan, untuk wilayah Bogor bekerjasama dengan Komunitas Sepeda Lipat Bogor (Selibor) diikuti dengan 41 Komunitas Pesepeda Bogor dan sekitarnya.

“Kita sama-sama mengingat dan menegaskan bahwa upaya keselamatan di jalanan kita memang buruk, kebijakan demi kebijakan tidak signifikan mengurangi jumlah korban di jalan. Sebagian memang karena perilaku penggunanya,” ungkapnya.

Untuk itu, ia berpesan kepada para sahabat B2W Indonesia wilayah Bogor dan pegiat sepeda lainnya untuk terus menyuarakan gerakan tertib berlalu-lintas. “Kita hanya punya pilihan, yaitu akan membiarkan tragedi berulang atau menyetop jatuhnya korban lebih banyak,” tukas Roni.

Aksi yang melibatkan ratusan komunitas peduli keselamatan di jalan raya itu, dihelat di lokasi kecelakaan yang berlokasi di depan Pasar Bersih Galuh Mas, Karawang, pada Minggu (21/11/21) pagi. Berkumpul di tempat kejadian perkara dilakukan agar para pegiat sepeda dapat merenung dan merasakan derita dari korban.

Bertajuk ‘Ride in Peace’, kegiatan sosial itu selain untuk mengenang pegiat B2W Sahrurozy, asal Karawang yang tewas tertabrak mobil saat melakukan aktivitas bersepeda pada Jumat (12/11) lalu, juga untuk memperingati Hari Mengenang Korban Kecelakaan Lalu lintas Sedunia 2021 (World Day of Remembrance for Road Traffic Victims). Rangkaian acara untuk memperingati Hari mengenang korban kecelakaan lalu lintas internasional 2021 ini, dilakukan serempak oleh solidaritas pesepeda di berbagai kota di Indonesia.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.