Pullman Ciawi Vimala Hills Kampanyekan Lawan Kanker Payudara Sejak Dini

0 181

Heibogor.com – Dalam rangka memperingati Hari Kanker Payudara Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 26 Oktober Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention berkolaborasi dengan Laboratorium Klinik Prodia mengadakan talkshow pentingnya mengetahui gejala kanker payudara dan tips untuk mencegahnya.

Bertempat di Pullman Ciawi Vimala Hills Convention Center, Selasa (26/10/21)  sore yang menghadirkan pembicara Dokter Umum di Laboratorium Klinik Prodia, dr. Indri Engkay berbagi informasi tentang penyebab, pencegahan, ciri-ciri dan pengobatan kanker payudara.

Indri menuturkan, ada enam langkah untuk deteksi dini kanker payudara karea penyakit tersebut tak hanya menyerang kepada kaum perempuan saja bahkan laki-laki pun bisa terkena kanker payudara.

“Rutin melakukan deteksi dini kanker payudara secara mandiri atau periksa payudara sendiri (SADARI) bisa membantu perempuan melindungi diri dari kanker payudara,” ucap dr Indri saat pemaparan di hadapan para peserta

Lantas, bagaimana cara deteksi dini kanker payudara? Dr. Indri menjelaskan, deteksi dini kanker payudara dapat dilakukan setiap bulan. Bagi perempuan yang masih subur, bisa melakukan deteksi dini kanker payudara pada 7 hingga 10 hari setelah hari pertama haid.  Sementara bagi perempuan yang telah menopause bisa melakukan deteksi dini kanker payudara pada tanggal yang sama setiap bulan.
Berikut enam langkah mudah melakukan SADARI untuk deteksi dini kanker payudara:

  1. Berdiri tegak. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Namun, perlu diingat bahwa jika bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris adalah hal biasa.
  2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. Dorong siku ke depan dan cermati payudara. Lalu dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara.
  3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan atau kontraksikan otot dada Anda.
  4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.
  5. Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah ke dokter seandainya hal itu terjadi.
  6. Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan-tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak.

“Nah, itulah enam langkah melakukan SADARI untuk deteksi dini kanker payudara yang mudah untuk dipraktikan di rumah,” jelasnya. Dia juga menambahkan, kanker payudara ditandai dengan adanya sel abnormal pada jaringan payudara. Meski penyakit ini bisa terjadi pada pria dan wanita, jumlah wanita yang mengidap penyakit ini lebih banyak. Kanker ini paling umum menyerang wanita pada usia 20 hingga 39 tahun

“Pullman Ciawi “GOES PINK” 2021 merupakan tahun pertama perusahaan untuk melakukan gerakan yang menyuarakan peningkatan kesadaran dan menyebarkan kewaspadaan masyarakat terhadap penyakit dengan kasus terbanyak kedua setelah kanker serviks yang diderita oleh wanita Indonesia,” ujar General Manager Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention, Gilles Tressens, Mari kenali dan dukung gerakan melawan kanker payudara.  Deteksi dini adalah perlindungan terbaik dalam melawan penyakit ini.

 

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.