Angka Covid-19 Turun Angin Segar Pelaku Kreatif Event

0 142

Heibogor.com – Melandainya angka Covid-19 menjadi nafas positif bagi penyelenggaraan event-event di Tanah Air sehingga bisa tetap produktif di tengah pandemi. Meski demikian, dalam pelaksanaannya harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hal tersebut seperti diungkapkan Wali Kota Bogor Bima Arya usai mengikuti Pocari Sweat Run 2021 di Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (24/10/21). Menurutnya, inovasi event ini bisa dicontoh untuk protokol kesehatan kegiatan olahraga ke depannya.

“Setelah sekian purnama, akhirnya hari ini para pelari bisa kembali berlari bersama. Hari ini race pertama di Indonesia di ujung pandemi yang terus melandai. Panitia mengatur dengan sangat baik,” ungkap Bima Arya.

Ia menambahkan, kegiatan ini diharapkan menjadi titik cerah untuk bangkitnya industri event, yang jadi sumber penghidupan begitu banyak pekerja dan keluarganya. “Semoga pandemi makin terkendali. Di Kota Bogor secara bertahap taman-taman, sarana olahraga sudah mulai diaktivasi. Tahun depan Insya Allah akan kita mulai persiapan-persiapan penyelenggaraan event serupa, tentunya yang sesuai prokes,” jelas Bima.

Protokol kesehatan yang diterapkan dalam Pocari Sweat Run 2021 adalah jumlah peserta yang dibatasi, peserta sudah divaksin Covid-19 dosis kedua, dan terverifikasi aplikasi Peduli Lindungi. Seluruh pelari juga wajib melampirkan hasil PCR dan mengikuti tes swab antigen di lokasi sebelum memasuki area untuk memastikan seluruh peserta dalam keadaan sehat. Penggunaan masker di area lomba juga diwajibkan, kecuali saat berlari.

Sebagai bentuk antisipasi terjadinya kerumunan, tindakan pencegahan dilakukan dengan penggunaan 2 lokasi kegiatan offline yaitu Gedung Sate (kategori lari jarak 10 kilometer) dan Kota Baru Parahyangan (kategori lari half marathon dan marathon).

Dalam kesempatan tersebut, ada momen unik. Di mana Bima Arya bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ‘mengawal’ Najwa Shihab yang pertama kali ikut race lari kategori 10K. “Berlari bersama sosok-sosok yang menyenangkan. Selain Pak Gub ada Mba Najwa Shihab yang pertama kali ikut race 10 kilometer, tadi saya menyemangati Nana dan Alhamdulillah finish strong,” kata Bima.

Sementara itu, Ridwan Kamil mengatakan, event ini merupakan yang pertama kalinya selama satu setengah Covid-19 berlangsung. Oleh karena itu, dirinya berpesan agar protokol kesehatan tetap dijalankan dengan ketat selama acara berlangsung.

“Saya ucapkan terima kasih kepada kepolisian sudah memberikan izin. Ini adalah pertama kali diadakan lagi setelah pandemi. Saya titip prokesnya dilaksanakan dengan baik. Sehingga jika acara ini sukses tanpa lonjakan kasus, bisa menjadi percontohan bagi event serupa di Indonesia,” kata Ridwan Kamil.

Ia menambahkan, semua kegiatan bisa diselenggarakan di tengah pandemi  yang terus melandai, tetapi semuanya wajib menjalankan kegiatan tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Sekarang  sudah surut masa ga move on kembali melaksanakan kegiatan produktif. Tapi karena pandemi ini belum berakhir maka kegiatan itu terbatas. Jadi intinya semua boleh tapi terbatas. Ukurannya kan epidemiologi Covid-19,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.