Terapkan Pola Hidup Sehat dan Kelola Stres Bantu Cegah Penyebaran Virus Covid-19

0 126

Heibogor.com – Hingga kini warga masyarakat masih berperang dengan virus Covid-19. Masyarakat selalu diperingatkan oleh pemerintah untuk mengikuti protokol kesehatan karena hal tersebut menjadi kebutuhan kita semua.

Tentu tidak mudah untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19. Untuk itu kita dianjurkan untuk meningkatkan imun tubuh supaya dapat menangkal virus Covid-19. Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan dan Pelayanan Gizi Dinas Kesehatan, dr. Deasy Triwahyuni menyebutkan salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh adalah menerapkan pola hidup sehat.

Dia menuturkan, pola hidup sehat merupakan hal yang wajib dilakukan, terutama pada masa pandemi. Dengan memilah dan mengatur pola hidup yang sehat, tentunya tubuh akan merasakan banyak manfaat dan perlu memperhatikan kebiasaan kecil sehari-hari dan mengubahnya supaya lebih bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

“Pola hidup sehat adalah gambaran dari aktivitas atau kegiatan kita yang didukung oleh keinginan dan minat kita dan bagaimana pikiran kita menjalaninya dalam berinteraksi dengan lingkungan yang diterapkan bisa saja ditularkan kepada orang lain, khususnya keluarga sehingga mereka dapat merasakan banyak manfaatnya,” ucapnya, Senin (25/10/21).

Dia menambahkan, pasti sering mendengar bahwa orang yang memiliki pola hidup sehat akan memiliki tubuh yang fit dan bugar. Contoh nyata dalam kehidupan kita adalah rata-rata orang zaman dulu sampai saat ini masih segar dan sering beraktivitas. Itu dikarenakan mereka sering mengonsumsi makanan yang masih segar, alami, dan tanpa bahan pengawet.

“Dengan pola hidup sehat akan menciptakan harapan hidup lebih lama. Manfaat lain yang kita dapatkan yaitu meningkatkan imun tubuh. Imun tubuh dapat mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh kita, termasuk virus Covid-19. Cara kerja imun tubuh dengan memiliki 3 fungsi, yaitu fungsi pertahanan, fungsi homestatis, dan fungsi pengawasan. Lalu pola hidup sehat juga dapat membuat tubuh kita menjadi lebih semangat, sehingga tubuh akan terus aktif melakukan berbagai aktivitas,” jelas Deasy.

Selanjutnya, kata dia, pentingnya mencukupi kebutuhan nutrisi. Seseorang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda karena beberapa faktor, seperti jenis kelamin, usia, dan aktivitas yang sering dilakukan. Menurut peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia yaitu, untuk laki-laki disarankan mengkonsumsi serat sebanyak 28-37 gram per hari. Sedangkan perempuan, perlu konsumsi serat sebanyak 27-32 gram per hari.

Yang tak kalah penting, kata dia, pentingnya memperbaiki waktu tidur. Kebanyakan seseorang memiliki jam tidur yang tidak cukup dikarenakan beberapa alasan. “Padahal tubuh kita tentunya butuh istirahat yang cukup agar badan kembali segar dan bisa menjalankan aktivitas dengan semestinya pada usia dewasa muda (18-25 tahun) membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam. Orang yang tidak memiliki waktu tidur cukup berpotensi terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung,” ucapnya.

Terakhir, pentingnya selalu berpikir positif karena dengan memiliki banyak tekanan akan membuat pikiran menjadi stres. Berpikir positif dapat membuat hati menjadi tentram dan dapat mengalahkan berbagai penyakit termasuk saat sedang mengalami tekanan.  ”Dengan mengubah cara berpikir menjadi positif, maka kesehatan mental akan menjadi lebih baik,” tukasnya.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.