Berat Badan Naik Selama Pandemi, Hati-hati Obesitas

0 167

heibogor.com – Banyak yang mulai mengeluh mengenai kenaikan berat badan selama masa pandemi ini. Selain lebih banyak menghabiskan waktu di rumah juga ditambah dengan seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman kelebihan takaran.

Nah, menyikapi tersebut apakah Anda termasuk yang mengalami masalah ini? Merangkum dari data World Obesity Federation menyatakan bahwa pandemi COVID-19 dapat berkaitan dengan peningkatan kasus obesitas, karena terhentinya program-program penurunan berat badan yang umumnya dilakukan dalam kelompok dan intervensi penurunan berat badan lainnya.

Selain itu adanya kecenderungan untuk memilih produk makanan olahan dengan umur simpan lebih panjang juga dapat berpengaruh terhadap asupan kalori, gula, garam, dan lemak serta yang mempengaruhi berat badan dan risiko penyakit metabolik.

Sementara, pembatasan sosial selama pandemi juga dapat mempengaruhi tingkat mobilitas dan aktivitas fisik yang dapat berefek negatif dan memang, terdapat data yang menunjukkan adanya peningkatan durasi screen time seperti waktu bermain game online yang meningkat. Hal ini menunjukkan semakin pentingnya menjalankan pola hidup sehat untuk menjaga berat badan, terutama di masa pandemi COVID-19 ini.

Melansir dari Gamesindustry.bizbeberapa hal yang dapat dilakukan adalah membuat jadwal yang pasti untuk kegiatan sehari-hari, kemudian tentukan menu makan sejak pagi hari untuk menghindari pemilihan makanan tidak sehat yang lebih umum dilakukan saat lapar, selanjutnya isi waktu luang dengan olahraga, serta batasi screen time yang tidak perlu.

“Ingat, buah yang kita panen berasal dari bibit yang kita tanam. Tanamlah bibit hidup sehat untuk menuai hidup yang lebih berkualitas,”ucap Researcher & Health Educator Nutrifood Rendy Dijaya, Jumat (22/10/21). Jadi, tunggu apalagi mari terapkan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit sedari dini. (**)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.