Arihta Utama Surbakti Kembali Jabat Tampuk Pimpinan PWI Kota Bogor Ingatkan Wartawan Benar, Benar Wartawan

0 100

Heibogor.com –  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor menghelat konferensi di aula Mapolresta Bogor Kota, Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Sabtu (02/10/21) mengangkat tema, “Wartawan Benar, Benar Wartawan”, dan sub tema, Pers Merdeka, Bertanggung Jawab, Terlindungi, dibuka secara langsung oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim.

Dalam acara tersebut, hadir Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat beserta jajaran pengurus, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Atang Trisnanto, Wakil Ketua II DPRD Kota Bogor Dadang Danubrata, Wakapolresta Bogor Kota, AKBP Ferdy Irawan, Ketua Kadin Kota Bogor, Almer Faiq Rusydi, Kepala Cabang BPJS Bogor, Mais Muchtar, Kejari Kota Bogor yang diwakili Kasi Intel, Aryo Wicaksono,, CEO Radar Bogor, Hazairin Sitepu, Ketua PHRI Yuno Abeta Lahay, dan anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor, Saeful Bahri.

Pelaksanaan konferensi dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat di mana setiap peserta yang hadir melaksanakan swab test antigen terlebih dahulu. “Seperti yang kita sampaikan diawal bahwa teknis pelaksanaan konferensi ini tetap mengikuti protokol kesehatan karena kita tahu saat ini kondisi masih dalam pandemi. Jadi, setiap peserta sebelum masuk ruangan menjalani swab test terlebih dahulu,” kata Ketua Panitia Konferensi PWI Kota Bogor, Suhairil Anwar.

Anwar juga mengutarakan, bahwa ketua PWI Pusat memberikan apresiasi kepada pengurus PWI Kota Bogor periode 2018 – 2021 atas berbagai kegiatan yang sudah dilakukan. Terlebih PWI Kota Bogor bisa membangun kembali gedung PWI dan masjid di lingkungan kantor PWI Kota Bogor.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengungkapkan, bahwa profesi wartawan ini luar biasa. Nilai profesi wartawan itu terdiri dari tiga yakni ada nilai kejujuran, integritas dan setia kepada kebenaran sebagai pilar keempat dari demokrasi. “Saya pikir ini sebuah profesi yang sangat beda. Ada kebakaran bukan menghindar malah mendatangi. Kan jadi luar biasa. Dari itu harus dilindungi oleh BPJS,” ucapnya.

Sementara, Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto menuturkan, goresan pena menuliskan banyak cerita. Goresan pena pun bisa menggerakan sebuah bangsa. “Jadi, profesi wartawan ini sungguh luar biasa bisa menuliskan banyak cerita dan bisa menggerakan sebuah bangsa. Wajar tadi disampaikan ketua PWI Kota Bogor, PWI lahir tidak kurang satu tahun setelah merdeka karena pena yang bisa menggerakan bangsa kita dan saya berharap dengan goresan pena teman-teman wartawan khususnya di Kota Bogor bisa juga menggerakan Kota Bogor bangkit dari pandemi Covid-19,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat menyampaikan, kegiatan konferensi ini merupakan agenda rutin tiga tahunan. “Saya mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya konferensi PWI Kota Bogor. Siapapun yang terpilih semoga bisa terus membawa PWI Kota Bogor kearah yang lebih baik,” harapnya.

Arihta Utama Surbakti kembali terpilih menjadi Ketua PWI Kota Bogor periode 2021-2024 secara aklamasi di acara Konferensi PWI Kota Bogor 2021. Andi/heibogor.com

Hilman mengungkapkan, yang menjadi anggota PWI hampir 250.000 dan yang sudah terverifikasi kompetensi tidak mencapai 70 persen. “Minggu lalu saya bertemu pak gubernur. Kemudian saya mendapat laporan ada yang mengaku ngaku wartawan di daerah. Banyak kepala sekolah yang takut dengan wartawan. Nah, tugas PWI itu memverifikasi media,” ungkapnya. Usai melewati sidang  pleno, Arihta Utama Surbakti kembali terpilih menjadi ketua PWI Kota Bogor periode 2021-2024 secara aklamasi di acara Konferensi PWI Kota Bogor 2021.

Ayah empat anak yang akrab disapa Ari itu mendapat dukungan dari 15 orang yang memiliki hak suara pemilik kartu PWI biasa meski sempat terjadi perdebatan dan jeda beberapa menit saat berjalannya Konferensi Dari 16 orang yang memiliki hak suara, satu orang tidak hadir sementara satu orang lagi adalah Arihta Utama Surbakti, ketua dimisioner PWI Kota Bogor. Di sisi lain, Ari juga mendapat dukungan dari 23 orang pemegang kartu muda.

“Dengan demikian sidang pleno sudah selesai dengan hasil Arihta Utama Surbakti terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PWI Kota Bogor Periode 2021-2024,” ucap pimpinan sidang sekaligus Wakil Ketua Bidang OKK PWI Jawa Barat, Ahmad Syukri yang kemudian meminta agar ketua terpilih segera membentuk formatur kepengurusan PWI Kota Bogor yang baru. (**)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.