Jadi Ikon Baru Pembangunan Alun-alun Ditargetkan Selesai Akhir Tahun 2021

Terhubung Stasiun Bogor dan Masjid Agung

0 75

Heibogor.com – Pembangunan Alun-alun Kota Bogor di lahan eks Taman Topi/Taman Ade Irma Suryani yang ditargetkan rampung akhir tahun ini, progresnya sudah mencapai 29 persen.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Kadisperumkim) RR Juniarti Estiningsih menjelaskan, progres 29 persen ini meliputi semua segmen yang mana alun-alun ini terbagi dalam empat zona yakni zona religi, zona plaza, zona jogging track, dan zona botani atau hutan kota.

“Kita setiap minggu ada evaluasi terkait dengan progres alun-alun. Kita menargetkan ini selesai pada 7 Desember 2021 atau 180 hari dan alun-alun ini, nantinya akan menjadi kesatuan yang terintegrasi dengan Stasiun Bogor dan Masjid Agung. Mudah-mudahan ini menjadi ikon kedua setelah Sempur. Kan masyarakat juga perlu area-area hijau yang tempatnya presentatif,” kata Esti, Senin (20/9/21).

Mantan Camat Bogor Barat ini meneruskan, kemudian untuk patung Kapten Muslihat, dirinya sudah melakukan komunikasi dengan ahli waris dari pihak keluarga, budayawan dan para veteran. Sesuai kesepakatan nanti patung Kapten Muslihat ini akan dipindahkan ke jembatan merah tepatnya di pertigaan depan Pasar Devris.

“Patung ini akan kita ganti materialnya dengan yang lebih bagus karena sudah kita perlihatkan kondisi patung yang sekarang itu sangat tidak memungkinkan dipasang di tempat titik-titik yang strategis. Jadi, patung ini kita buat dari bahan material tembaga dengan ukuran yang sama tingginya. Pembuatnya dari Yogyakarta karena di Bogor tak ada pengrajin yang ahli tembaga,” bebernya.

Sementara, Kepala Bidang Pertamanan, Penerangan Jalan Umum dan Dekorasi Kota Disperumkim Kota Bogor, Irfan Zacky Faizal menambahkan, untuk existing pohon yang ditebang sesuai hasil kajian tim sebanyak 31 pohon. Sisanya dipertahankan terutama pohon-pohon besar.

“Yang kita tebang di atas 50 persen semua tingkat kroposnya. Untuk pohon yang ditanam nanti ada sekitar 240an lebih dari berbagai jenis pohon. Tapi kita lihat lagi nanti tingkat kerapatannya karena kalau terlalu rapat nanti tidak bagus juga untuk pemeliharaan kedepannya. Agak susah nanti pemeliharaannya. Tapi intinya kita rencanakan sekitar 200 an lebih pohon berbagai jenis,” ungkapnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.