HUT ke-76 RS PMI Lengkapi Pelayanan Kesehatan dengan Teknologi Modern yang Mudah dan Cepat

0 164

Heibogor.com – Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Rumah Sakit (RS) Palang Merah Indonesia (PMI) Bogor di Jalan Raya Pajajaran, Tegallega, Bogor Tengah, Kota Bogor bertransformasi menjadi rumah sakit dengan beragam pelayanan modern.

“Kami bersyukur di usia hingga saat ini dapat selalu menjadi pilihan bagi para pasien yang menginginkan pelayanan medis apalagi kami tahu bahwa pesatnya teknologi tentu mempengaruhi daya saing masyarakat dalam mendapatkan haknya akan pentingnya pelayanan kesehatan,” ucap Direktur Utama (Dirut) RS PMI, dr. Djoko Setionegoro Sp. A yang didampingi Direktur Umum dan Plt Keuangan dr. M. Arfan F., MARS dan Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan dr. Banon Sukoandari Sp. S  saat temu media di Kalla Ballroom Gedung Afiat RS PMI sekaligus perayaan sederhana HUT RS PMI ke-76, Jumat (17/9/21).

Sebagai salah satu RS tertua di Indonesia ini juga disertai dengan penambahan layanan kesehatan dan teknologi untuk memudahkan pasien dan keluarga yang membutuhkan layanan mudah dan cepat. “Saat ini RS PMI Bogor sudah banyak mengalami perubahan menjadi lebih modern disertai dengan penambahan layanan kesehatan dan teknologi terkini antara lain sistem pendaftaran online (mobile app), layanan antar obat dan telekonsul, selain  sebagai pusat Thalassemia di Kota Bogor,” tambah dr. Djoko yang juga Dokter Spesialis Anak tersebut.

Pria yang juga sebagai Ketua Perhimpunan Orangtua Penderita Thalassemia Indonesia (POPTI) cabang Bogor itu juga mengajak segenap pihak untuk peduli terhadap Thalasemia, karena masih banyak yang belum paham tentang penyakit kelaninan darah ini yang mengharuskan penderitanya mendapatkan transfusi darah seumur hidupnya.

Selain sebagai tempat untuk mendapatkan perawatan, Klinik thalasemia RS PMI Bogor juga sudah menjadi rumah kedua bagi anak-anak penderita Thalasemia untuk  bersilaturahmi, berbagi cerita dan saling menguatkan

Selain sebagai tempat untuk mendapatkan perawatan, Klinik thalasemia RS PMI Bogor juga sudah menjadi rumah kedua bagi anak-anak penderita Thalasemia untuk  bersilaturahmi, berbagi cerita dan saling menguatkan. Sementara itu, Dokter Spesialis Saraf, dr. Banon Sukoandari. Sp.S menegaskan, hingga bulan September pasien Covid-19 yang dirawat di RS PMI hanya tinggal tersisa 1 persen saja.

Terkini, sambung dr. Banon, ruangan Intensive Care Unit (ICU) RS PMI pun sudah kosong dari pasien Covid-19. “Alhamdulillah, masa-masa berat memang telah kita lalui namun tak membuat kami tidak aware tapi tetap siaga dengan Covid-19 tapi jika melihat angka dari jumlah 5.344 pasien sejak Maret 2020 lalu hingga September 2021 hanya 407 orang yang meninggal artinya cuma 7 persen pasien meninggal dunia itupun akibat komorbid,” ucap dr. Banon.

Dia melanjutkan, pasien Covid-19 yang meninggal dunia hampir sebagian banyak ditangani di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan ICU. Artinya, penurunan kasus positif Covid-19 itu adalah hasil usaha bersama dan bahu membahu untuk penurunan kasus.

Sementara,  Direktur Umum sekaligus Plt Keuangan RS PMI, dr. M. Arfan menambahkan, selain menangani pasien BPJS di poliklinik reguler, RS PMI Bogor juga melayani pasien asuransi/perusahaan dan perorangan di poliklinik Grand Afiat yang saat ini akan semakin lengkap dengan berbagai layanan baru.

“Layanan baru tersebut adalah klinik memori, klinik kosmetik medik, klinik bedah plastik, klinik akupuntur medik, klinik gigi spesialistik, klinik nyeri intervensi, gizi klinik, klinik bedah vaskuler, klinik geriarti dan endoskopi THT,” paparnya. Selain layanan baru, lanjut dr. Arfan RS PMI pun telah melengkapi alat medis baru yaitu USG yang dapat melihat pembuluh darah, otot rangka dan tendon untuk mendukung klinik bedah vaskular dan klinik nyeri intervensi.

“Ke depan kami akan dilengkapi USG 4D sebagai sarana klinik kebidanan dan kandungan. Selain itu RS PMI Bogor sudah dilengkapi pula dengan peralatan CT scan 32 slice, C Arm, ESWL, endoskopi internist, endoskopi THT, Fluoroscopy, Dental panoramic, mobile X-Ray, X-Ray General Purpose, Dental X-Ray, USG Echo untuk jantung,” jelasnya. Ia menerangkan, bahwa sebagai pendukung penting klinik bedah RS PMI Bogor juga memiliki klinik perawatan luka modern dengan perawat bersertifikat dan menggunakan modern wound dressing.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.