Konferensi PWI Kota Bogor Siap Wujudkan Kolaborasi dan Inovasi Kepemimpinan

0 78

Heibogor.com – Wali Kota Bogor, Bima Arya mengapresiasi dan mendukung penuh penyelenggaraan Konferensi Cabang PWI Kota Bogor yang akan dilaksanakan pada tanggal 02 Oktober 2021 mendatang. Bima juga mengapresiasi kinerja PWI Kota Bogor di masa kepimpinan Arihta Subakti selama ini. PWI Kota Bogor terus melakukan terobosan program dan kolaborasi dengan berbagai pihak, terutama dengan Pemkot Bogor.

Hal itu disampaikan saat panitia Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor saat melakukan pertemuan dengan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Pertemuan dilaksanakan di Rumah Dinas Wali Kota Bogor, Kota Bogor, Selasa (14/09/21) lalu.

“Saya berharap konferensi yang diselenggarakan akan lebih memperkuat organisasi PWI agar bisa menjadi mitra kolaborasi dengan Pemerintah Kota saat ini maupun di masa mendatang,” jelas Bima.

Bima juga mengatakan, hubungan kemitraan antara Pemkot Bogor dengan PWI Kota Bogor yang sudah terjalin harmonis selama ini, bukan berarti dirinya secara pribadi selaku Kepala Daerah membelenggu hak-hak teman-teman para jurnalis untuk mengkritik jajaran ASN di lingkungan Pemkot Bogor, apalagi yang bersifat membangun. “Ya, saya mempersilahkan teman-teman untuk mengkritik Pemkot Bogor,” tegasnya.

Sementara, Ketua PWI Kota Bogor, Arihta Utama Surbakti mengatakan, konferensi PWI Kota Bogor yang akan dilaksanakan untuk periode 2021-2024. “Kami sudah membentuk panitia Steering Committee (SC)  dan Organizing Committee (OC) untuk pelaksanaan konferensi, dan progresnya hingga saat ini sudah 50 persen kepanitiaan berjalan. Jadi tinggal pelaksanaannya saja nanti,” ucap Ari sapaan akrabnya

Ari menjelaskan selain melaksanakan konferensi dengan agenda utama pemilihan Ketua PWI masa bakti 2021-2024, juga akan dilaksanakan peresmian Masjid An Naba PWI Kota Bogor.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Bogor, utamanya ke pak wali yang selalu mendukung berbagai kegiatan PWI Kota Bogor. Kolaborasi akan terus dilakukan PWI Kota Bogor siapapun nanti yang terpilih menjadi Ketua PWI Kota Bogor pada konferensi tanggal 02 Oktober 2021 mendatang. Bahkan akan terjalin lebih erat kerjasama dengan berbagai pihak lainnya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Konfererensi PWI Kota Bogor, Suhairil Anwar, berharap kegiatan dapat  saling mensuport penuh untuk kedua belah pihak dan berkolaborasi berinovasi. “Karena kegiatan konferensi ini bukan hajat ketua atau hajat pribadi seseorang, melainkan hajat organisasi besar yang ada di Kota Bogor,” ujarnya.

Anwar juga berharap orang nomor satu di Kota Bogor ini bisa hadir dan membuka konferensi PWI Kota Bogor yang dilaksanakan di Aula Mapolresta Bogor. “Kita berharap pak wali  bisa membuka konfrerensi tanggal 02 Oktober nanti,” harapnya.

Sementara itu, usai beraudiensi dengan Wali Kota Bogor, Bima Arya selanjutnya panitia konferensi PWI Kota Bogor 2021-2024 melanjutkan silahturahmi dengan jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Rabu (15/09/21) di gedung DPRD Kota Bogor, Jalan Pemuda, Tanah Sareal, Kota Bogor.

Kedatangan pengurus di bawah kepemimpinan Arihta Utama Surbakti dan panitia konferensi diterima Ketua DPRD Atang Trisnanto, Wakil Ketua Jenal Mutaqin, Dadang Danubrata dan Eka Wardhana. Dalam pertemuan panitia konferensi menyampaikan rencana konferensi yang akan dilaksanakan 02 Oktober 2021 di Aula Mapolresta Bogor Kota.

Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto menyampaikan apresiasi dan selamat atas diselenggarakan Konferensi PWI di tahun 2021 ini dalam rangka sebagai suksesor organisasi sekaligus konsolidasi, di mana PWI Kota Bogor selama tiga tahun terakhir ini merupakan organisasi PWI yang sangat progresif dan banyak sekali capaian capaian yang diraih dibawah kepemimpinan Arihta Utama Surbakti.

“Semoga dengan konferensi nanti bisa menghasilkan satu rumusan terbaik, agar jurnalisme di dunia pers di Kota Bogor semakin tumbuh dan berkembang menopang salah satu pilar demokrasi kita, sehingga Kota Bogor bisa menjadi kota yang tumbuh secara baik dan madani,” ucap Atang.

Menurut Atang, DPRD sangat terbantu oleh kehadiran wartawan di Kota Bogor, karena kinerja yang dilakukan oleh DPRD tentu tidak akan bisa diketahui oleh masyarakat tanpa di beritakan dan di tulis oleh teman teman wartawan.

Sehingga kinerja itu bisa sampai kepada masyarakat sekaligus juga kritik dan saran membangun juga sama sampai kepada DPRD Kota Bogor. Termasuk aspirasi warga juga dengan adanya teman teman wartawan bisa sampaikan ke DPRD Kota Bogor.

“Yang lebih penting adalah program program pembangunan dan persoalan yang ada bisa sosialisasi dengan baik, sehingga ada feedback dari masyarakat saya kira sangat luar biasa dan strategis dari teman teman wartawan dan juga PWI selama beberapa tahun terakhir,” jelasnya.

Sementara, Wakil Ketua Jenal Mutaqin berharap konferensi ini adalah sebagai ajang atau formula untuk mencari kader terbaik para jurnalis terbaik untuk bisa menjadi leadership.

“Harapannya adalah media dan awak pers atau jurnalis betul betul menjaga marwah yang menjadi prinsip dari jurnalis itu sendiri seperti tranparansi profesional dan tentu bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Jenal juga mengapresiasi langkah PWI Kota Bogor datang ke kantor DPRD karena DPRD merupakan presentasi dari masyarakat. “Dan tadi pun kami saling memberikan saran kritik karena itu adalah salah satu upaya untuk membangun memberikan masukan agar kami satu sama lain baik PWI, DPRD dan stakeholder lainnya untuk lebih baik ke depannya,” ucap politisi Gerindra ini.

Dalam kesempatan itu, Jenal juga melihat kesiapan panitia pelaksana sangat matang, terlihat dari mulai registrasi peserta dilakukan petugas dinas kesehatan dengan melakukan protokol kesehatan artinya PWI sudah mempersiapkan segala sesuatunya. “Insya Allah mudah mudahan semua rencana yang sudah di susun diberikan kelancaran,” ujarnya.

Ketua PWI Kota Bogor, Arihta Utama Surbakti menuturkan, untuk konferensi tinggal menghitung hari dan kesiapan jajaran panitia sudah sangat matang. “Semua persiapan semakin dimatangkan dan konferensi siap digelar nanti. Kami terus membangun komunikasi dan konsolidasi dengan berbagai pihak, agar konferensi nanti berjalan sukses, lancar serta sesuai harapan,” tutupnya. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.