“BTS” Bakal Tampil di Enam Koridor di Kota Bogor

0 224

Heibogor.com – Konsorsium Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) memenangkan tender proyek program Buy The Service (BTS) dari Kementerian Perhubungan. Rencananya, kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Eko Prabowo, program BTS tersebut nantinya akan beroperasi di enam koridor. Untuk tahap pertama, ada 20 bus yang siap beroperasi di koridor 1 dan 2 di Kota Bogor.

“Dishub Kota Bogor bersama Kemenhub telah melakukan perjanjian kerja sama berkaitan jaminan kelancaran dan keamanan pelaksanaan program BTS. Oleh karena itu, kami mengajukan anggaran ke Pemerintah Kota Bogor dan DPRD di perubahan (APBD) untuk kegiatan dukungan dari BTS ini,” kata Eko di ruang pokwan gedung DPRD Kota Bogor, Selasa (31/8/21).

Pria yang akrab disapa Danjen ini menambahkan, sesuai jadwal program tersebut akan diluncurkan pada Oktober tahun ini. Selain penyediaan bus oleh pemenang lelang, dijelaskan olehnya, untuk shelter saat ini sedang proses perbaikan terutama pada jalur nasional.

“Jika tidak salah ada 24 shelter yang dibiayai oleh Kemenhub melalui BTTJ melalui anggaran BTS. Nantinya ada tempat pembelian tiket, CCTV dan lainnya,” terang Eko.

Menurut Eko, program ini sangat baik dalam konteks penataan transportasi di Kota Bogor. Bahkan, program tersebut sesuai dengan peraturan daerah yakni mewujudkan program konversi 3:1 (tiga angkot menjadi satu bus).

Kadishub juga masih berharap terminal batas kota bisa terwujud. Pihaknya juga telah memberikan saran masukan ke Dishub Provinsi Jawa Barat, termasuk untuk mengadakan moratorium jumlah Angkutan Kendaraan Dalam Provinsi (AKDP) yang masuk ke masing-masing daerah.

“Kami usulkan supaya dibuat terminal batas kota. Kalau Kota Bogor punya lahan bisa dibiayai provinsi, tapi secara teknis sudah disiapkan Detail Engineering Design (DED)-nya. Jika Kabupaten Bogor yang punya, retribusi terminal masuk ke kabupaten,” paparnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.