DLH Gunakan Sepeda Listrik Pengangkut Sampah Ramah Lingkungan Pertama di Indonesia

0 170

Heibogor.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, mendapat bantuan sepeda listrik pengangkut sampah ringan dari Bank Tabungan Negara (BTN). Kepala Bidang Persampahan pada DLH Kota Bogor, Feby Darmawan mengatakan, Bank BTN membantu empat unit sepeda sampah listrik berikut 15 gerobak sampah dan 13 tong sampah. Ini adalah sepeda listrik pertama di Indonesia, yang digunakan untuk mengangkut sampah ringan. Di daerah lain di dinas-dinas bidang persampahan belum ada yang menggunakan seperti ini.

“Untuk gerobak sampah dan tong sampah akan didistribusikan ke wilayah-wilayah. Kalau untuk sepeda sampah listrik mungkin akan kami gunakan di dinas untuk mengangkut sampah ringan seperti daun, plastik, kardus, disekitaran SSA dan Jalan Suryakencana, dan kendaraan  ramah lingkungan ini, telah kita ujicobakan pada Jumat lalu di jalur SSA (sistem satu arah),” jelasnya, Rabu (4/8/21).

Menurut Feby, sepeda listrik ini menggunakan dua batere dengan sistem charging selama 6 jam. Jarak yang bisa ditempuh sejauh 25 Km. Sedangkan bak sampahnya memiliki kapasitas 200 Kg. Sepeda sampah listrik ini, sejalan dengan konsep pengelolaan sampah ramah lingkungan. Sepeda sampah listrik tersebut akan dioperasikan dalam waktu dekat.

“Sesuai arahan pak kepala dinas kemungkinan kita akan gunakan satu unit untuk Basiba (Bank Sampah Induk), satu unit untuk kampanye ramah lingkungan dan dua unit khusus di jalur SSA, Jalan Sudirman atau Suryakencana,” katanya.

Feby juga menjelaskan, untuk pengelolaan dan mengurangi sampah tidak terangkut itu akan dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) Galuga, di mana DLH menggulirkan program tempat pengelolaan sampah (TPS) reduce, reuse, dan recyle (3R).

Selain TPS 3R, pengelolaan sampah berbasis masyarakat juga dilakukan melalui Bank Sampah khusus sampah unorganik. Saat ini, sudah ada 27 titik TPS 3R dan Bank Sampah yang tersebar di wilayah Kota Bogor. “Di kantor Jalan Paledang juga dibuat TPS 3R berbasis aparatur. Jadi, RT RW yang mau budidaya maggot bisa belajar di sini,” tutupnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.