Bukit Saung Geulis Pesona Baru di Puncak yang Cocok untuk Berkemah Ditemani Sejuknya Air Curug Jaksa

0 98

Heibogor.com – Bosan di rumah, kangen liburan dan ingin berwisata. Nah, bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata yang belum ramai dikunjungi dan diketahui banyak orang, di wilayah Kabupaten Bogor, tepatnya di Jalan Simpang Safari, Kecamatan Cisarua, terdapat kawasan wisata bernama Bukit Saung Geulis.

Berada di ketinggian 1375 mdpl, Bukit Saung Geulis menawarkan keindahan alam puncak dengan gunung-gunung yang mengelilingi Bogor. Sangat cocok dijadikan sebagai tempat berkemah. Apalagi di sini terdapat curug yang oleh warga setempat dinamakan Curug Jaksa. Dijamin Anda akan terpesona dan betah berlama-lama.

Tempat ini, baru berjalan pada Januari 2021 lalu dengan perizinan PTPN Jawa Barat, yang dikembangkan untuk mengangkat kearifan lokal serta menumbuhkan nilai ekonomi lokal dari potensi yang ada.

Penasaran biaya masuknya?
Untuk tiket masuk per orang itu cuma dikenai biaya sebesar Rp20 ribu. Kalau biaya parkir berbeda. Tapi tenang masih kejangkau kocek kok. Kalau Anda hanya cuma ingin main ke Curug Jaksa, biaya masuknya hanya Rp15 ribu rupiah saja. Tapi ingat tak boleh bawa hewan peliharaan di sini. Fasilitas lainnya terdapat juga ada musala, toilet, tempat pemandian, dan warung kelontong yang menjual makanan dan minuman ringan.

Seperti namanya, Bukit Saung Geulis merupakan tempat yang seru dan asyik untuk berkemah. Artinya pengunjung bisa camping bersama keluarga maupun sahabat dengan catatan wajib bawa peralatan sendiri. Tapi kalau malas bawa peralatan yang banyak dan tidak mau repot maka jangan khawatir karena sang pengelola menyediakan penyewaan alat-alat camping mulai dari layer dengan bermacam kapasitas, sleeping bag, matras, kompor, nesting, flysheet, headlamp, lampu tenda, gas, kursi lipat hingga charge handphone Di sini tenda yang didirikan bisa sampai 150 spot dengan kapasitas empat orang per spot-nya.

Salahsatu tour guide Bukit Saung Geulis, Rian mengatakan, jam operasional di sini bisa kapan saja tergantung reservasi. Untuk kunjungan bisa reservasi melalui Selesa.co atau langsung bertemu dengan host atau penjaga camp. Sedangkan untuk batas checkout-nya sampai jam 13.00 WIB. Tempat ini, terbuka untuk semua kalangan dari remaja hingga orang tua. Sedangkan pengunjung yang berusia di bawah 15 tahun harus dengan pendampingan.

“Di sini tersedia peralatan untuk camping, seperti tenda, makanan dan obat-obatan. Bila pengunjung malas membawa barang banyak bisa juga menyewa di sini secara langsung. Selain itu, aksesnya pun cukup mudah,” ucapnya, Minggu (11/7/21).

Rian menambahkan, sementara waktu tempat ini ditutup untuk mematuhi peraturan yang berlaku selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan (PPKM). Semoga setelah masa PPKM ini berakhir semua tempat wisata diperbolehkan kembali beroperasi dan Bukit Saung Geulis wajib masuk ke to do list ya!

“Jadi, mari kita tunggu masa PPKM ini selesai dan jangan lupa selalu terapkan 5M agar tempat-tempat wisata bisa kembali dibuka dan warga bisa kembali berwisata,” harapnya. (Elga/Mg)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.