Kasus Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Tinggi Bogor Khawatir Krisis Lahan Pemakaman

0 80

Heibogor.com – Melonjaknya kasus positif Covid-19 bersamaan dengan kasus meninggal pasien Covid-19 berimbas pada ketersediaan lahan pemakaman yang semakin tergerus dengan melonjaknya kasus harian positif Covid-19 di Bumi Tegar Beriman.

Pengawas Lapangan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rajeg pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Atang Rahmat mengaku khawatir dengan krisis lahan pemakaman. “Saat ini ada sekitar 500 makam Covid-19 di Pondok Rajeg, kalau terus menerus melonjak di manasehari bisa 7 hingga 8 orang dimakamkan, bisa tidak sampai satu tahun juga lahan pemakaman cepat habis,” ujar Atang, Senin (28/6/21).

Atang menjelaskan belum semua pemakaman di Kabupaten Bogor menerima jenazah Covid-19. Ia mencontohkan jangan sampai pemakaman Covid-19 di Kabupaten Bogor mengalami krisis seperti di DKI Jakarta. “Saya melihat pemakaman di Jakarta sudah pada penuh semua. Mereka pada kewalahan di mana lagi, sana sini penuh, nah kita makanya mau tambah dan buka lagi. Soalnya Pondok Rajeg ini khusus untuk yang Cibinong saja,” bebernya.

Pihaknya berencana menambah 17 tempat pemakaman umum (TPU) di Kabupaten Bogor yang sudah ada untuk menerima jenazah pasien Covid-19 agar tidak terjadi kekurangan lahan pemakaman. “Kami akan tambah TPU sedang dipersiapkan per kecamatan agar punya TPU, sampai TPU terkecil pun dapat menerima jenazah Covid-19,” jelasnya.

Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sendiri pun sudah menyiapkan 10 Tempat TPU untuk jenazah pasien Covid-19, menyusul meningkatnya jumlah kasus positif harian. Ke-10 TPU itu tersebar di 10 kecamatan se-Kabupaten Bogor. Di mana setiap TPU dipersiapkan untuk antisipasi penuhnya lahan pemakaman.

TPU tersebut di antaranya, TPU Pondok Rajeg (Cibinong), TPU Tajurhalang (Tajurhalang), TPU Ciomas (Ciomas), TPU Cicadas (Gunungputri), TPU Cipenjo (Cileungsi), TPU Singasari (Jonggol), TPU Jabon Mekar (Parung), TPU Rancabungur, (Rancabungur), TPU Galuga (Cibungbulang) dan TPU Gorowong (Parungpanjang).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.