Mudahkan Goweser Bank Kota Pasang Marka Arah di Agro Eduwisata Mulyaharja Kini Lebih Cantik dan Tertata Rapi

0 108

Heibogor.com – Komunikasi penggerak pariwisata (Kompepar) Mulyaharja bersama Perumda BPR Bank Kota Bogor dan Dispora Kota Bogor meresmikan ikon point ecobike dan marka petunjuk arah jalan di kawasan agro eduwisata organik Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan pada Jumat (11/6/21).

Ketua Kompepar Mulyaharja, Oji Apandi menjelaskan, ecobike ini dibuat karena melihat banyaknya pegiat sepeda atau goweser yang datang ke sini sebagai titik kumpul beristirahat. Melihat antusias para goweser yang datang kemari, muncullah ide untuk membuat titik point di agro eduwisata organik Mulyaharja ini.

“Jadi, kita terinspirasi dari situ. Karena ecobike ini temanya sport and tourism, kita berkolaborasi dengan Dispora Kota Bogor dan bermitra dengan Perumda BPR Bank Kota Bogor untuk membuat ikon point ecobike dan marka petunjuk arah jalan. Ke depan mungkin akan ada beberapa titik point lagi karena kita juga sedang membuat jalur track untuk sepeda yang menuju ke titik point ini,” jelas Oji.

Sementara, Dirut Perumda BPR Bank Kota Bogor, Ibrahim mengatakan, bantuan ini diberikan untuk membantu kompepar Mulyaharja dalam mempercantik potensi wisatanya. Dengan lebih tertatanya kawasan wisata di Mulyaharja ini, diharapkan potensi wisata di sini lebih berkembang sehingga menjadi destinasi wisata yang dicari oleh wisatawan. Dengan demikian para pelaku UMKM di wilayah Mulyaharja pun bisa turut maju dan berkembang.

“Saya berterimakasih telah diberikan kepercayaan bisa bekerjasama dengan Kompepar Mulyaharja. Kami dari lembaga keuangan Perumda BPR Bank Kota Bogor mensupport dari segi pembiayaan maupun sponsorship untuk pengembangan agro eduwisata organik Mulyaharja. Diharapkan ke depannya ini menjadi ikon kebanggaan Kota Bogor yang bisa menambah nilai jual untuk kemajuan pariwisata sehingga bisa mendongkrak perekonomian daerah di masa pandemi ini termasuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal,” kata Ibrahim.

Dikatakan Ibrahim, di Kota Bogor ini baru yang pertama di mana Bank Kota Bogor sebagai bank sehat dan berprestasi dan satu-satunya lembaga keuangan milik Pemerintah Kota Bogor yang bermitra dengan kompepar. Apalagi agro eduwisata organik Mulyaharja ini potensinya cukup luas untuk dikembangkan ke depannya. Di sini banyak juga UMKM yang diberdayakan. Perumda BPR Bank Kota Bogor sendiri memberikan perhatian khusus kepada pelaku UMKM Kota Bogor.

Beberapa waktu lalu Perumda BPR Bank Kota Bogor berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, pernah menggelar pelatihan peningkatan kompetensi bagi UMKM PKL Zona di wilayah Kota Bogor. Kegiatan literasi, edukasi dan sosialisasi tersebut dilakukan sebagai bentuk sinergitas dengan program pemerintah kota dalam meningkatkan peran UMKM untuk menggerakkan roda perekonomian di tengah pandemi Covid-19 yang melanda saat ini.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan perhatian khusus kepada UMKM karena sebagian besar dari UMKM di Kota Bogor belum tersentuh oleh bank. Akibatnya banyak UMKM jadi tergantung kepada pinjaman tanpa agunan dan rentenir dengan bunga super tinggi untuk mendapatkan modal. Di Bank Kota Bogor sendiri ada tiga program kredit untuk para pelaku UMKM yakni kredit modal kerja, kredit konsumtif, dan kredit investasi. Kredit modal kerja untuk pelaku UMKM ini, biasanya untuk membiayai usahanya dan Bank Kota Bogor memberikan kemudahan bagi calon nasabah atau debiturnya. Perumda BPR Bank Kota Bogor, berharap para pelaku UMKM dapat menjalin kerjasama permodalan dengan menjadi mitra usaha Bank Kota Bogor sehingga para UMKM dapat meningkatkan literasi keuangan dan nilai jual produknya.

“Pesan saya tingkatkan terus pelayanan dengan pembangunan infrastruktur untuk memudahkan akses supaya tamu yang datang bisa merasa nyaman dan bagi pelaku UMKM kalau ada kesulitan atau ada yang ingin mengembangkan usahanya di sekitar kampung tematik ini bisa berhubungan dengan Bank Kota Bogor. Kita pasti support,” ucapnya.

Ia menambahkan, rencananya ke depan untuk tiketing di tempat wisata ini juga akan menggunakan aplikasi yang disediakan Perumda Bank Kota Bogor bekerjasama dengan penyedia jasa teknologi PT Media Dimensi Teknologi Indonesia (Emditek) sehingga transaksi pembayaran bisa dilakukan secara non tunai.

“Potensi pasar di Kota Bogor cukup besar. Untuk menjalankan fungsi kami sebagai banknya pengusaha menengah, kecil dan mikro, sudah waktunya ada terobosan berupa sistem digital sehingga kami mampu bersaing dengan perusahaan fintech yang menjamur terutama para rentenir. Dengan dukungan teknologi kami optimis dalam melayani masyarakat Kota Bogor khususnya pelaku UMKM,” tandasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.