Lantik Kadisdukcapil Baru Ade Yasin Minta Pelayanan Jemput Bola Diutamakan

0 73

Heibogor.com – Bupati Bogor, Ade Yasin melantik Bambang Setiawan menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (14/6/21).

“Disdukcapil merupakan pelayanan dasar masyarakat. Harus dapat melayani masyarakat dengan baik secara pelayanan dan administrasi,” kata Ade. Menurutnya, inovasi yang dilakukan Disdukcapil sejauh ini cukup bagus dengan pelayanan antar dokumen kependudukan menggunakan kantor pos, hingga dibukanya unit pelayanan teknis (UPT).

Ade memberi catatan agar pelayanan dapat ditingkatkan mengingat jumlah masyarakat Kabupaten Bogor kurang lebih 6juta jiwa dan luas wilayah yang besar. “Disdukcapil harus mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, apalagi luas wilayah Kabupaten Bogor sangat besar, sehingga pelayanan jemput bola adalah hal yang harus terus dilakukan,” terangnya.

Selain itu pun, Ade Yasin meminta Kadisdukcapil yang baru untuk meningkatkan pelayanan dasar masyarakat yang harus dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat. Politisi PPP itu menerangkan Disdukcapil menjadi organ vital kebutuhan dasar masyarakat lantaran melayani dalam bentuk administrasi maupun secara pelayanan.

“Saya ingin pelayanan dasar masyarakat berjalan cepat, tepat, dan akurat. Harus ada respon yang cepat, kalau Standar Operasional Prosedur (SOP) nya 14 hari selesai, harus selesai. Jangan sampai melebihi SOP yang sudah ditentukan,” kata Ade, Senin (14/6/21).

Ade mencatat terdapat banyak aduan masyarakat di sosial media kaitan pelyanan Disdukcapil. Ia menegaskan perlu ada koreksi dari pelayanan utama terhadap masyarakat tersebut. “Mereka setiap hari harus mengikuti berita dan perkembangan terutama berkaitan dengan aduan masyarakat, pastikan apakah masyarakat sudah terlayani dengan baik,” terangnya.

Menurutnya, jangan sampai ada masyarakat yang mengeluh lama mengantre mendapatkan dokumen kependudukan dan lainnya. Disdukcapil harus memperhatikan SOP jangka waktu pengurusan, sehingga tidak ada lagi keluhan masyarakat.

Di samping itu, program layanan antar dokumen kerjasama dengan Kantor Pos diharapnya dapat diteruskan, karena masyarakat merasa dimudahkan mendapatkan dokumen diantar langsung ke masyarakat. “Jadi pelayanan harus mempermudah masyarakat dengan layanan antar tersebut,” tutupnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.