Percaya Diri Putra Sungkawa Optimis Bawa IPSI Lebih Maju

Punya Program Bogor Sadar Silat

0 392

Heibogor.com – Putra Sungkawa maju mencalonkan diri sebagai calon Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bogor periode 2021-2025. Berbekal pengalaman sebagai pengurus selama beberapa tahun dan telah melahirkan banyak gagasan, ide, dan terobosan bagi IPSI Kota Bogor, calon muda yang mewakili generasi milenial ini optimis bisa membuat perubahan yang lebih baik bagi IPSI Kota Bogor sehingga lebih maju dan berkembang lagi ke depannya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Paguyuban Pendekar Bogor dan masyarakat sadar lingkungan ini mengatakan, dirinya menyerahkan berkas pendaftaran sebagai bakal calon (balon) beserta kelengkapannya kepada panitia SC pada Rabu (2/6) di sekretariat panitia Musyawarah Kota (Muskot) di gedung KONI, Jalan Pemuda, Tanah Sareal, Kota Bogor.

“Jadi, pendaftaran dan pengambilan berkas itu di mulai dari tanggal 23 sampai 30 Mei. Penyerahan berkas dari tanggal 31 Mei sampai 2 Juni. Nah, saya menyerahkan berkas pas di tanggal 2 Juni di hari terakhir. Pengumuman penetapan calon ketua itu di tanggal 4 Juni. Yang saya tahu ada lima calon ketua yang lolos. Salah satunya saya,” kata pengurus IPSI Kota Bogor bidang bidang seni dan budaya ini,” Selasa (8/6/21).

Putra mengungkapkan, berdasarkan ketentuan secara umum syarat untuk menjadi ketua, pertama, selain berpengalaman juga pernah menjadi pengurus minimal empat tahun. Kedua, memiliki wawasan khusus dan terobosan untuk dunia persilatan baik dari sisi olahraga maupun seni budaya. Selain itu, juga harus mengerti bagaimana menjalankan keorganisasian.

“Alhamdulillah secara umum saya bisa memenuhi semua persyaratan itu, dan selama saya menjadi pengurus IPSI Kota Bogor dari tahun 2017 hingga sekarang telah banyak gagasan dan terobosan-terobosan yang saya lakukan,” kata pria yang juga pernah menjadi pengurus IPSI Kota Bekasi periode 2013-2017 ini.

Selain memiliki pengalaman menjadi ketua pelaksana dan kurator di berbagai event pencak silat, Putra menuturkan, peran aktif dirinya di kepengurusan IPSI Kota Bogor di antaranya menjadi penggagas dan ketua pelaksana pada acara festival keragaman budaya di Taman Ekspresi Sempur, bekerjasama dengan Disdik dan Disparbud Kota Bogor pada tahun 2019. Masih di tahun yang sama menjadi penggagas dan mewakili ketua IPSI Kota Bogor pada MoU dengan kadisdik dalam rangka menjadikan pencak silat sebagai ekskul wajib di setiap sekolah di Kota Bogor.

Selain itu, dirinya juga pernah menjadi penggagas dan ketua pelaksana kejuaraan pencak silat Kapolresta Cup tahun 2019 yang mana event ini, direkomendasikan oleh IPSI Jawa Barat. Kemudian di tahun 2020 menjadi penggagas dan ketua pelaksana acara penghargaan pendekar Bogor untuk para tokoh pencak silat di Kota Bogor bekerja sama dengan walikota dan ketua DPRD Kota Bogor. Terakhir di 2021, menjadi penggagas dan ketua pelaksana acara penghargaan peserta festival pencak silat bekerja sama dengan Disparbud Kota Bogor.

“Visi saya adalah mengembangkan potensi insan pencak silat Kota Bogor di setiap aspek kehidupan dan menjadikan IPSI Kota Bogor sebagai lembaga yang berkarakter dan bermartabat. Saya juga akan berupaya mewujudkan cita-cita sesepuh dan guru pencak silat terdahulu agar pencak silat Kota Bogor terus berkembang dengan prinsip silih asah, silih asih, silih asuh dan silih wangi,” ucapnya.

Untuk misi, lanjutnya, dirinya akan membangun sinergi sumber daya manusia dalam kepengurusan IPSI Kota Bogor sesuai dengan potensi dan kompetensi di setiap bidangnya. Meningkatkan kerjasama yang sudah terjalin dengan instansi pemerintah dan lembaga lainnya dalam rangka mewujudkan gerakan Bogor Sadar Silat.

Meningkatkan prestasi IPSI Kota Bogor. Menyediakan padepokan untuk sekretariat IPSI dan rumah insan pencak silat Kota Bogor. Mendorong penyetaraan apresiasi terhadap prestasi pencak silat seni tradisi oleh instansi terkait. Bekerjasama dengan badan usaha milik daerah maupun swasta untuk menjadi orang tua asuh secara kelembagaan dengan IPSI Kota Bogor, serta mendorong pencak silat tradisi untuk menjadi bagian program pariwisata visit Bogor.

“Saat ini, perguruan Silat (PS) yang tergabung di IPSI Kota Bogor ada 52 PS. Saya memiliki program serta visi misi yang jelas untuk menjadikan pencak silat di Kota Bogor kembali maju dan berprestasi sebagai olahraga tradisi yang harus dimajukan dan dikuatkan. Semoga apa yang saya niatkan ini didukung oleh semua pihak untuk IPSI yang lebih baik,” harapnya.

Diketahui, pengurus Cabang IPSI Kota Bogor menjadwalkan pemilihan Ketua IPSI Kota Bogor periode 2021-2025 digelar pada 12 Juni mendatang di acara Muskot yang akan dilangsungkan di gedung Yonif 315, Gunung Batu, Kota Bogor.

Dari hasil keputusan musyawarah panitia pengarah (SC) 4 Juni 2021, ada lima calon ketua IPSI periode 2021-2025 yang lolos ke tahapan selanjutnya yakni Lilies Suarsih Ismod, Subono Widoyoko (Incumbent), Hesti Yuliati, Putra Sungkawa, dan Tb. Lutfi Suyudi.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.