Polisi Sahabat UMKM Tingkatkan Geliat Daya Beli Perekonomian

0 152

Heibogor.com – Polresta Bogor Kota berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menggagas pameran UMKM flora dan fauna di Hotel Permata, Kota Bogor, Kamis (3/6/21).

Pameran yang bertemakan ‘Polisi Sahabat UMKM’ ini di launching berbarengan dengan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-539 dengan visi utamanya ‘Mendorong UMKM sebagai pilar ekonomi kerakyatan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa pandemi Covid-19’.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pameran UMKM flora dan fauna ini sebagai salah satu langkah membangkitkan UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya, hampir dua tahun menjalani situasi pandemi Covid-19 yang menyita banyak energi dalam menahan laju angka Covid-19 di Kota Bogor.

Sejak Januari kata dia, Polresta Bogor Kota sudah melaunching 30 kegiatan yang dipersembahkan untuk Kota Bogor terkait dimensi kesehatan termasuk, di antaranya antisipasi dampak gangguan kriminalitas.

“Hari ini kegiatan 31 untuk penguatan ekonomi. Sebagaimana pesan dari Presiden Jokowi, bahwa dimensi kesehatan dan ekonomi harus berjalan beriringan,” tuturnya.

Apapun kegiatan di masa pandemi ini ujungnya produktivitas dan membangkitkan gairah dalam memulihkan perekonomian di Kota Bogor, sehingga melalui Polisi Sahabat UMKM ini, pihaknya mendeklarasikan UMKM bersama polisi.

“Saya ingatkan jangan ganggu UMKM di Kota Bogor. Program ini adalah upaya meningkatkan daya beli dan pertumbuhan ekonomi sehingga kami memberikan jaminan berusaha terhadap UMKM di Kota Bogor,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya menuturkan, apa yang dilakukan oleh Kapolresta Bogor Kota merupakan manifestasi sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggeliatkan pemulihan ekonomi.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Polresta Bogor Kota yang membuka pameran UMKM ini. Selama ini Forkopimda solid dan kompak, karena banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh Kapolresta di Kota Bogor,” katanya.

Tahun lalu kata Bima Arya adalah tahun senyap apabila membandingkan perayaan HJB alias nyaris tidak ada kegiatan apa apa, hanya rapat Paripurna saja.

Namun tahun ini lebih terasa, meski di tengah pandemi Covid-19. Kenapa tahun lalu senyap dan HJB tahun ini sedikit meriah itu karena data-data Covid-19 di Kota Bogor sudah membaik dan tidak lepas dari perhatian semuanya, terutama Kapolresta Bogor Kota.

“Saya memberikan karpet ‘biru’ kepada UMKM supaya mereka bisa bergerak lebih cepat lagi. Semoga bukan hanya flora dan fauna saja ke depan yang lainnya juga,” katanya.

Ketua Kadin Kota Bogor, Almer Faiq Rusydi menjelaskan, kegiatan pameran UMKM flora dan fauna ini merupakan kolaborasi dan sinergitas dari Polresta Bogor Kota, Kadin, PHRI dan didukung Pemkot Bogor.

“Kegiatan ini sebagai bukti keberpihakan Kadin Kota Bogor kepada UMKM. Hari ini dijadikan momentum untuk membangkitkan UMKM maupun sektor lainnya, agar terus maju dan berkembang. Kadin tidak hanya memikirkan diri sendiri, tapi lebih dari itu. Keberadaan UMKM jadi perhatian, ke depan bagaimana UMKM bisa maju dan berdaya adalah suatu keharusan,” katanya.

Turut hadir, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Sekda Syarifah Sofiah, Ketua Komisi 3 DPRD Zaenul Mutaqin, Kadis Koperasi dan UMKM Samson Purba, Kadisparbud Atep Budiman, Ketua PHRI Yuno Abeta Lahay, dan Wakapolresta AKBP Arsal Sahban beserta jajarannya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.