HJB ke-539 Gencarkan Makanan Tradisional Berdasar Pangan Lokal

0 88

Heibogor.com – Merayakan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-539 pada 3 Juni mendatang sekaligus upaya pemulihan ekonomi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor gencarkan makanan tradisional berbahan dasar pangan lokal.

Pemkab menggelar “Gerakan Cinta Makanan Tradisional Bahan Pangan Lokal” bersama eksportir minyak kelapa sawit Apical Group di Danau Dora LIPI atau Kebun Raya Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (27/5/21).

“Ini adalah kegiatan dalam rangka HJB dan bagaimana masyarakat bisa lebih mencintai makanan lokal yang dihasilkan pangan asli Kabupaten Bogor seperti ubi dan talas,” katanya. Menurutnya, pandemi Covid-19 membuat kesadaran kepada pengusaha untuk menciptakan inovasi kuliner berbahan dasar pangan lokal.

“Masa pandemi ini kita harus lebih kreatif inovatif menciptakan makanan sehat yang dapat dikonsumsi untuk keluarga maupun masyarakat sehingga dapat terjual secara online atau konvensional,” terangnya. Dalam gelarannya, terdapat sejumlah makanan unik seperti roti berbahan ubi, bakpau berbhan talas, nastar berbahan ubi, hingga kue pie berbahan dasar ubi ungu yang dapat bersaing dengan kuliner lokal lainnya.

“Kuliner itu layak juga untuk di produksi kepada masyarakat luas. Apalagi bahan pangan Kabupaten Bogor ketersediannya sangat banyak sekaligus memberdayakan hasil tani kita,” ujar Ade. Sementara, Senior Manager IDEAS Apical, Fajar Marhaendra mengatakan jika pihaknya telah menyiapkan enam resep kuliner tradisional khas Kabupaten Bogor.

“Kami telah menciptakan enam resep berbahan dasar lokal Bogor yang telah kami olah sehingga lebih modern dengan memberi nilai tambahan namun dengan cita rasa khas Bogor yang tidak hilang seperti chiffon ubi, pia kelereng, puff pastry, pastry soto mie, roti ombak ubi dan mendut,” kata Fajar.

Fajar memastikan jika bahan olahan yang digunakan pihaknya adalah bahan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. “Dalam minyak sawit terdapat keseimbangan antara lemak jenuh dan lemak tidak jenuh, bebas kolesterol, dan mengandung asam lemak esensial. Keunggulan lain minyak ini juga untuk mengolah makanan yaitu dapat membuat tekstur yang halus dan lembut sehingga enak dirasakan di dalam mulut,” tandasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.