Vihara “Buddha Tidur” Tajurhalang Terbesar Selain di Thailand Miliki Makna Terlahir Kembali

0 84

Heibogor.com – Vihara Buddha Dharma atau Buddha tidur di Desa Tonjong, Tajurhalang, Kabupaten Bogor menjadi ikon tersendiri lantaran menjadi salah satu patung Buddha terbesar selain di Negeri Gajah Putih atau Thailand.

Dalam vihara tersebut terdapat patung Budhha sepanjang 18 meter dengan tinggi 3,75 meter. Sedangkan, panjang dipan di bawah patung mencapai 22 meter.

Di Indonesia sendiri terdapat 4 tempat lainnya selain Bogor yang memiliki patung Buddha tertidur seperti di Mojokerto, Semarang, Bali dan Kota Batu.

Pengurus Vihara Buddha Dharma, Andrean Halim menjelaskan makna Buddha tertidur mengenakan pakaian emas dengan lambang Swastika di dadanya.

Hal itu menggambarkan Buddha wafat dan memasuki parinirvana dalam kepercayaan Buddha. “Ini melambangkan sang Buddha yang wafat ke parinirvana saat sedang berbaring pada umumnya,” terangnya, Rabu (26/5/21).

Menurut kepercayaan umat Buddha, dalam historisnya Buddha tengah jatuh sakit dan akan memasuki parinirvana atau pembebasan dari Samsara, karma, dan kelahiran kembali.

Buddha digambarkan tengah berbaring menghadap sisi kanan, sementara kepalanya di atas bantal atau disangga lengan kanannya.

Makna itu tidak hanya tersirat dalam Vihara Buddha Dharma di Bogor namun juga di vihara serupa lainnya. “Dan makna itu tidak hanya ada di sini tapi semua sama maknanya di tempat lainnya,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.