Lomba Fotografi IBI Kesatuan Kenalkan Potensi Pariwisata dan Geliat Ekonomi di Masa Pandemi

0 111

Heibogor.com – Lima juara lomba fotografi bertema “Pariwisata Bogor” yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa pariwisata IBI Kesatuan Bogor, menerima penghargaan serta hadiah dari IBI Kesatuan Bogor, di Ini Cafe, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Sabtu (1/5/21).

Penyerahan penghargaan turut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan IBI Kesatuan Bogor, Nusa Muktiadji, Dekan Fakultas Informatika dan Pariwisata IBI Kesatuan Bogor, Jan Horas V. Purba, Ketua program studi pariwisata S1 IBI Kesatuan Bogor, Bambang Hengky Rainanto, dan Kasi Kemitraan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif pada Dinas Periwisata dan Kebudayaan Kota Bogor, Winda Fitriyanti.

Ketua program studi pariwisata S1 IBI Kesatuan Bogor, Bambang Hengky Rainanto menjelaskan, lomba fotografi ini adalah salah satu upaya IBI Kesatuan Bogor dalam mempromosikan objek wisata yang ada di Kota maupun Kabupaten Bogor, di tengah pandemi Covid-19. Dengan kegiatan lomba fotografi ini, diharapkan bisa memperkenalkan potensi wisata kepada masyarakat luas dan tentunya bisa menghidupkan kembali gairah ekonomi khususnya di sektor pariwisata.

“Melalui objek visual foto diharapkan bisa menjadi promosi yang paling efektif untuk mengenalkan sejumlah objek wisata di Kota maupun di Kabupaten Bogor. Potensi wisata kita ini cukup banyak. Dengan adanya kegiatan ini, tentu kami harap akan banyak wisatawan yang datang untuk berwisata,” harapnya.

Senada, Dekan Fakultas Informatika dan Pariwisata IBI Kesatuan Bogor, Jan Horas V. Purba menyampaikan, melalui kegiatan ini, peserta dapat ikut berpartisipasi untuk memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di Bogor. Tema yang diangkat pun tidak lepas dari kondisi pariwisata saat ini yang paling terdampak di masa pandemi Covid-19.

“Kita ingin memberikan kontribusi positif pada Kota dan Kabupaten Bogor, dengan harapan dapat memancing calon wisatawan datang ke Bogor sebagai destinasi tujuan wisata. Saya kira ini awal yang bagus. Pariwisata di Bogor itu jumlahnya puluhan. Komunitas fotografinya juga banyak. Dengan mengkaitkan dua hal itu, diharapkan pariwisata di Bogor bisa tumbuh kembali,” ucapnya.

Sementara, Ketua pelaksana kegiatan, Siti Yasmin Salsabila Sunantoputri menjelaskan, lomba ini terbuka untuk umum baik kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum dan tidak dipungut biaya. Ini adalah kali pertama himpunan mahasiswa pariwisata IBI Kesatuan Bogor menggelar lomba fotografi yang mengangkat tajuk Exploring the Wonderful Buitenzorg. Lomba ini, dibuka dari tanggal 25 Maret sampai 17 April. Kemudian tanggal 18-22 April sesi penjurian dan di tanggal 23 April pengumuman lima besar di instagram HIMA pariwisata IBI Kesatuan.

Tema lomba yang diusung itu “Pariwisata Bogor” yakni yang menggambarkan tempat wisata, budaya, kuliner, UMKM, dan tempat-tempat ikonik yang ada di Kota maupun Kabupaten Bogor. Ada puluhan peserta yang ikut dalam lomba fotografi ini.

Di samping itu, sambungnya, ingin turut serta membangun sektor pariwisata yang ada di Bogor, tujuan dari lomba tersebut adalah mengembangkan jiwa kepariwisataan pada generasi muda agar mereka lebih peka terhadap pentingnya bidang pariwisata di Indonesia.

“Di sini kami mengajak generasi muda untuk berkontribusi dalam pengembangan pariwisata di Indonesia melalui foto kreatif agar masyarakat bisa meng-explore dan mengetahui tempat-tempat wisata, kuliner, budaya, UMKM yang di Bogor. Ke depan kami berharap lomba ini bisa menjadi agenda rutin tahunan,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.