Istana Anak Yatim Cikeas Pemilik Tugu Alquran Tertinggi di Dunia

0 89

Heibogor.com – Indonesia ternyata memiliki Tugu Al-Quran tertinggi di dunia, tugu Quran ini berada di Istana Anak Yatim Cikeas, Desa Cikeas Udik, Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) memberikan penghargaan kepada Istana Anak Yatim sebagai pemilik Tugu Al-Quran tertinggi di dunia yang memiliki tinggi 18 meter dan lebar 8 meter ini.

Salah satu pengurus Istana Anak Yatim, Abdul Ghani (26) mengatakan, tugu tertinggi di dunia tersebut masih terbilang baru karena diresmikan pada 2 Juli 2020.

“Berdasarkan penghargaan dari Leprid, ini dijadikan sebagai tugu Al-Quran tertinggi di dunia yang diresmikan tahun 2020 lalu,” kata Ghani, Jumat (30/4/21).

Ia mengatakan tugu serupa juga berada di Semarang, namun tugu di Semarang tidak sebesar dengan tugu di Kabupaten Bogor ini. Itu sebabnya Tugu Quran Istana Anak Yatim dijadikan sebagai tugu tertinggi.

Dalam tugu tersebut juga terdapat Quran yang berdiri gagah dengan tinggi 6 meter dan lebar 8 meter. Dalam kedua sisi Quran tersebut menunjukan isi surat Al M’aun di mana makna dalam surat tersebut yakni setiap muslim wajib menyantuni anak yatim dan orang fakir miskin.

“Di tugu itu tertulis surah Al-Ma’un bercerita tentang memuliakan anak yatim bagi umat islam yang merupakan mimpi bagi pendiri Suratto Siswodihardjo untuk memuliakan anak yatim dan kaum dhuafa,” terangnya.

Lebih lanjut Ghani mengatakan Istana Anak Yatim yakni merupakan pesantren khusus bagi anak yatim dan dhuafa, ditargetkan tahun depan pendidikan angkatan pertama bagi 40 anak yatim akan dibuka dan target menampung 1000 anak yatim.

“Untuk pesantrennya sendiri masih dalam pembangunan dengan 25 asrama, namun tugu Quran nya yang lebih dahulu selesai. Nantinya Istana Anak Yatim akan diisi oleh anak yatim dari setiap desa di Kabupaten Bogor,” katanya.

Sejauh ini lokasi tugu Quran tertinggi tersebut menjadi ikonik baru di Cikeas dan kerap dijadikan objek swafoto bagi warga yang melintas dan melaksanakan ibadah di Masjid Istana Anak Yatim.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.