Komunitas Pemuda Kolektif Bojonggede Sediakan Taman Baca Gratis

0 121

Heibogor.com – Merayakan hari buku sedunia, Komunitas Pemuda Kolektif Bojonggede menggelar lapak kebun baca gratis bagi masyarakat semua kalangan di Lapangan Siaga Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jumat (23/4/21).

Koordinator Lapangan Kebun Baca, Rezky (22) mengatakan kegiatan taman baca dadakan tersebut menyambut momentum hari buka sedunia agar setiap masyarakat memiliki niat membaca dengan fasilitas taman baca yang disediakan secara gratis.

“Kita sebagai pemuda mengambil peran menyambut momentum hari buku sedunia ini dengan konsep membaca gratis bagi seluruh warga mengingat minat baca warga kita masih tergolong minim. Sehingga harus adanya adaptasi dengan buku melalui kegiatan seperti ini,” kata Rezky.

Warga sekitar pun nampak antusias dengan adanya gelaran kebun baca itu, Rezky merasa bangga akan niat masyarakat yang tertarik untuk membaca di tempat tanpa adanya batasan dan usia.

Ratusan buku mulai dari novel, komik, majalah, literatur hingga buku anak tersedia di dalam lapak tersebut. Selain lapak baca gratis. Komunitas yang terdiri dari anak muda itu juga menyediakan sejumlah baju gratis yang dapat dimiliki warga secara bebas.

“Dengan adanya kegiatan ini kita berharap paling tidak minat baca masyarakat dapat terbangun karena belakangan anak-anak justru lebih sering memegang gadget. Membaca itu penting, harus ditanamkan sejak dini menciptakan daya kritis yang dimulai dari literasi,” terangnya.

Nia (22) salah satu warga sekitar mengatakan tertarik datang ke gelaran tersebut lantaran penasaran dengan buku-buku yang dipinjamkan. “Bisa membaca di tempat secara gratis walau di pinggir jalan tetap nyaman karena yang dicari wawasan baru sih,” katanya.

Ia menyebut seharusnya gelaran seperti ini lebih sering dilakukan selain merayakan hari buku sedunia juga sebagai wadah masyarakat sekitar mencari ilmu tambahan melalui buku.

“Kalau kegiatan seperti ini harusnya bisa terus-terusan diadakan. Karena setiap orang pasti tertarik buat baca buku, tambah teman, tambah ilmu dan mengisi waktu juga,” ujarnya.

Serupa, Dani (12) yang masih duduk dibangku kelas 1 SMP ini merasa antusias dengan adanya kegiatan tersebut. Karena dirinya dapat mengisi waktu luang untuk menunggu waktu berbuka puasa. “Tadi baca majalah tentang Indonesia, sangat menarik soalnya bisa dapat ilmu baru sekalian juga menunggu waktu buka puasa,” tutupnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.