Tren Positif Covid-19 Turun Rumah Sakit Lapangan Resmi Ditutup

0 85

Heibogor.com – Rumah Sakit Lapangan (RSL) di kawasan GOR Pajajaran, Kota Bogor, resmi ditutup pada hari ini, Senin (19/4/21).

Wali Kota Bogor, Bima Arya menjelaskan, RSL ini, didirikan karena ada kebutuhan tempat tidur yang sangat tinggi. Saat ini, kasus positif Covid-19 sudah sangat terkendali, bahkan sudah jauh di bawah rata rata WHO. Semua sudah tercukupi di fasilitas kesehatan (faskes) seluruh RS rujukan yang ada. Pihaknya pun akan terus berkoordinasi dengan BNPB dan BNPB akan melakukan evaluasi RS Lapangan ini.

“RS Lapangan ini bisa diaktifkan kembali jika kebutuhan tempat tidur untuk pasien Covid-19 dibutuhkan kembali. Secara administratif di review oleh inspektorat dan BPKP lalu disampaikan ke BNPB untuk sama-sama mengkaji. Kalau tidak ada kebutuhan maka RS Lapangan ini tidak akan dilanjutkan,” ungkapnya.

Masih kata Bima, jika kembali terjadi lonjakan kasus Covid-19, maka RS Lapangan tersebut bisa dibuka kembali. “Tetapi kita tetap harus antisipasi jangan sampai ada gelombang kedua atau lonjakan kasus positif Covid-19 lagi. Kalau ada lonjakan, RS lapangan ini akan kembali dibutuhkan atau dibuka kembali. Kuncinya sekarang di bulan Ramadan ini harus bisa kita jaga agar tren positif terus menurun,” harapnya.

Bima mengungkapkan, RS lapangan ini sangat efektif mengurangi penularan. Sejak diresmikan tiga bulan lalu, ada 346 pasien yang dirawat, 298 dinyatakan sehat dan sisanya di ujuk ke faskes lain. Bahkan, tidak ada yang meninggal dunia.

“Sekarang rata-rata kasus Covid-19 di Kota Bogor, sudah di bawah 50 per hari. Bahkan, kemarin sudah diangka 30 an,” katanya.

Bima menambahkan, untuk alat-alat kesehatan masih disimpan di lokasi RS Lapangan. Namun, untuk seluruh tenaga kesehatan (nakes) diminta siaga, karena kalau ada panggilan tugas, semua nakes akan kembali bertugas. “Nakes ada yang kembali bertugas di tempat lain seperti RSUD dan sisanya standby saja,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.