Ada 34 Orang Napi Teroris Lapas Gunung Sindur Ikrarkan Setia dan Cinta NKRI

0 44

Heibogor.com – Sebanyak 34 Narapidana terorisme (Napiter) menyatakan ikrar setia kepada NKRI di Lembaga Permasyarakatan Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Kamis (15/4/21).

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Sudjonggo mengatakan dari 56 warga binaan terkait kasus terorisme, 34 orang di antaranya menyatakan ikrar setia hari ini.

“Di Lapas Narkotika Gunung Sindur ini dari 56 warga binaan terorisme dan 34 orang menyatakan ikrar setia kepada NKRI,” jelas Sudjonggo.

Ia menyebutkan dari 34 teroris tersebut rata-rata berusia muda dan semuanya merupakan laki-laki. Mereka merupakan simpatisan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan ISIS yang berikrar setia kepada NKRI secara keinginan pribadi.

“Jadi ikrar ini bukan hitungan angka, bukan hitungan masa tahanan segini dia baru dapat ikrar. Mereka berdasarkan kesadaran diri masing-masing dengan syarat sehat akal pikiran,” jelasnya.

Meski begitu, pria yang akrab disapa Jonggo ini menegaskan mereka tidak mendapat potongan hukuman dari ikrar setia tersebut. “Jadi ini tekad untuk NKRI, bukan untuk cepat keluar,” cetusnya.

Sementara untuk 22 Napiter lainnya masih dalam tahap pembinaan dan belum memiliki niat untuk mengikrarkan diri pada NKRI.

“Sisanya 22 orang masih pembinaan, terus berjalan. Karena daya nalar, tingkatan hukuman dan pidana beda-beda. Sudah 34 oranh yang berikrar saja kita bersyukur,” tutupnya.

Sementara, Kalapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur Damari mengatakan ikrar setia pada NKRI ini khusus bagi Napiter. Dalam pengikraran, 34 Napiter tidak ada paksaan di dalamnya.

“Napi teroris sudah menyatakan ikrar setia artinya dari hati paling dalam tidak ada yang dipaksa. Benar-benar ikhlas untuk kembali pada NKRI,” tambahnya.

Damari memaparkan proses pengikraran, setiap orang disumpah menggunakan kitab suci membaca ikrar setia kepada NKRI.

“Jadi 34 orang itu satu-satu hormat mencium bendera. Kemudian tanda tangan perjanjian. Satu orang membacakan ikrar sambil disumpah oleh agama, 33 orang lainnya mengikuti mengulang baca ikrar,” jelasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.